Petani Gulai Bancah Mampu Produksi Kol Organik, Ini Kata Nevi Zuairina

Rabu, 19 Juli 2023, 23:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Petani Gulai Bancah Mampu Produksi Kol Organik, Ini Kata Nevi Zuairina
Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Nevi Zuairina hadiri panen perdana komoditi kol yang ditanam secara organik di Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, Rabu.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (19/7/2023) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Nevi Zuairina menggalakkan pertanian organik untuk peningkatan produksi sayuran yang ramah lingkungan.

"Salah satu contoh tanaman yang berhasil di panen dengan kualitas bagus adalah kol ini," tutur Nevi saat hadiri panen perdana komoditi kol yang ditanam secara organik di Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, Rabu.

Sebelumnya, Nevi secara konsisten melakukan tindakan-tindakan pada pembangunan pertanian di daerah pemilihannya. Yang sudah dilakukannya, alat mesin pertanian hingga mengadvokasi pembangunan irigasi tersier.

Nevi mengatakan, pertanian organik ini sudah menggunakan pupuk organik dan pestisidanya dari bahan-bahan alami, tanpa menggunakan bahan kimia sedikitpun.

Baca juga: PLN Bantu Rp75 Juta, Warga Ikut Berpartisipasi, Hasilnya Jalan Usaha Tani Sepanjang 300 Meter

Selain membuat lingkungan semakin baik kualitasnya, karena penggunaan bahan kimia yang berkurang drastis, juga sebagai alternatif pupuk yang selama ini sulit didapat terutama pupuk subsidi.

Anggota Komisi VI DPR ini menyampaikan, selama ini memang pupuk subsidi, alokasinya dari pemerintah selalu kurang dari kebutuhan. Sehingga, di lapangan akan ditemukan para petani yang menghadapi kelangkaan pupuk subsidi.

"Saya sangat bangga pada petani di Sumbar terutama di Bukittinggi ini karena sangat kreatif menemukan solusi pengganti pupuk kimia jadi pupuk organik," ungkapnya.

Penggunaan Pupuk Organik ini memang akan sangat dipengaruhi bahan baku dan kelemahannya, volume kebutuhannya berkali lipat dari kimia. Tapi, dari sisi lingkungan akan sangat baik meningkatkan kualitas tanah dalam jangka panjang.

Baca juga: Nevi Zuairina: Pendidikan Agama jadikan Siswa Individu yang Bertanggungjawab

Politisi PKS ini menjelaskan, dirinya akan selalu konsisten meningkatkan pembangunan pertanian di daerah pemilihannya yang merupakan bagian dari perjuangannya di parlemen.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: