Cuaca Ekstrem, Dua Kapal Tongkang Diseret Gelombang hingga Terdampar di Pantai Padang

Jumat, 14 Juli 2023, 21:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Cuaca Ekstrem, Dua Kapal Tongkang Diseret Gelombang hingga Terdampar di Pantai Padang
Sebuah kapal tongkang terdampar di Pantai Padang tepatnya dekat Masjid Al Hakim, usai diterjang derasnya air sungai pascahujan lebat yang mengguyur Padang sejak Kamis hingga Jumat pagi. (veri rikiyanto)

PADANG (14/7/2023) - Cuaca ekstrem yang ditandai dengan angin kencang dan hujan lebat yang terjadi Kamis (13/7/2023) sore hingga Jumat pagi, tidak hanya mengakibatkan banjir, tapi juga menghanyutkan dua kapal tongkang (pembawa minyak).

Petugas KSOP Padang, Nasyirwan menjelaskan, akibat hujan deras, air di Pelabuhan Muara Padang sangat deras dan meluap sehingga posisi Bolder (tempat mengikat kapal) tercabut dan tali putus yang mengakibatkan kapal hanyut.

"Sekitar pukul 03.00 WIB, tali putus dan kapal coba mengolah gerak, namun tali yang putus membelit propeler (baling-baling), hingga kapal tersebut hanyut," terangnya.

Kedua tongkang yang hanyut tersebut, akhirnya terdampar dan kandas di Pantai Padang atau tepatnya di belakang Masjid Al Hakim.

Baca juga: BPK RI Serahkan Bantuan Rp250 Juta untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Nasyirwan menjelaskan, seluruh kru (ABK) selamat. Saat ini, pihaknya tengah berupaya melakukan evakuasi terhadap dua uni kapal tongkang tersebut agar bisa kembali berlayar.

Menurut Nasyirwan, sesuai dengan arahan kepala KSOP, langkah pertama yang dilakukannya adalah memindahkan muatan dari kapal tongkang yakni berupa minyak, guna menghindari terjadinya pencemaran laut.

"Setelah dibongkar, bobot kapal tentu akan lebih ringan dan membuat posisi kapal naik, jadi lebih memudahkan evaluasi," lanjutnya.

Selanjutnya, kata Nusyirwan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Pelindo untuk penarikan kapal kembali ke tengah.

Baca juga: Agam Siapkan Lahan Seluas 1,4 Ha di Jorong Suraboyo untuk Relokasi Korban Banjir Lahar Dingin

"Kita tunggu pasang naik, selanjutnya akan ditarik dengan Tugboat," imbuhnya. (vri)

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: