Pemko Padang Revisi RPJPD demi Wujudkan Visi 2025

Kamis, 26 November 2015, 11:42 WIB | News | Kota Padang
Pemko Padang Revisi RPJPD demi Wujudkan Visi 2025
Kepala Bapeda Padang, Hervan Bahar didampingi Dr Yossafra (tim ahli perumusan revisi RPJPD Padang 2004-2020) dan Rita Engleni (Kepala Bidang Litbang dan Statistik), saat rapat tentang perumusan revisi RPJPD Padang, Rabu (25/11/2015). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnewas - Periodesasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang, perlu penyesuaian dengan RPJP Nasional 2005-2025. Di samping penyelarasan sasaran pokok dan arah kebijakan setiap periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD), revisi juga berguna untuk menampung "mimpi" warga Kota Padang rentang 10 tahun mendatang.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Tim Ahli dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Hervan Bahar terkait pelaksanaan Musyawarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) revisi RPJPD Kota Padang di Aia Pacah, Rabu (25/11/2015) petang.

"Penyesuaian periodesasi RPJPD Padang dengan RPJPN, yaitu dari 2004-2020 jadi 2005-2025. Penyesuaian ini jadi penting, seiring dengan terjadinya perubahan mendasar dalam pembangunan Kota Padang. Terutama karena terjadinya gempa 30 September 2009, pemindahan pusat pemerintahan, perubahan kebijakan nasional serta perubahan Perda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah-red)," ungkap Dr Yossafra, tim ahli perumusan revisi RPJPD Padang.

Menurut Akademisi Unand ini, sejalan dengan visi misi dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang daerah yang telah dirumuskan, adapun isu-isu strategis daerah masih perlu diakomodir. Sehingga Visi "Terwujudnya masyarakat madani yang berbasis industri, perdagangan dan jasa yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam kehidupan perkotaan yang tertib dan teratur" dapat dituju.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

"Dari 8 poin misi yang telah dirumuskan, juga sudah dijabarkan keterkaitannya dengan sasaran pokok dan arah kebijakan yang menjadi acuan realisasi pembangunan ke depan," imbuh Yossafra yang juga didampingi anggota tim lainnya, Bayu Budi Irawan.

Sementara, Kepala Bappeda Padang, Hervan Bahar menyebut, rancangan awal RPJPD Padang 2005-2025 ini akan dibahas dalam Musrenbang yang akan digelar 3 Desember 2015. Rancangan ini sebelum disepakati, akan dirembukkan mencakup penajaman visi dan misi daerah, penyelarasan sasaran pokok pembangunan jangka panjang daerah untuk mecapai visi dan misi daerah, klarifikasi dan penajaman tahapan dan prioritas pembangunan jangka panjang daerah.

"Kita membangun komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJPD melaksanakan pembangunan daerah," papar Hervan Bahar didampingi Rita Engleni (Kepala Bidang Litbang dan Statistik). (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: