Alex Indra Lukman Perkenalkan 14 Caleg DPR RI Pemilu 2024, Ada 2 Jenderal Bintang Dua

Rabu, 05 Juli 2023, 03:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Alex Indra Lukman Perkenalkan 14 Caleg DPR RI Pemilu 2024, Ada 2 Jenderal Bintang Dua
Ketua PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman.

PADANG (4/7/2023) - PDIP usung dua orang purnawiran jenderal TNI-Polri, maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI pada Pemilu 2024. Salah seorang di antaranya, merupakan Adhi Makayasa 1983.

"Di momentum Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ini, sekalian kita perkenalkan 14 orang Caleg DPR RI PDIP di Pemilu 2024 nanti. Pencalonan Caleg DPR RI, salah satunya mempertimbangkan daerah asal Caleg," ungkap Ketua PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman saat memberikan sambutan pada Rakerda PDIP Sumbar di Padang, Selasa sore.

Rakerda PDIP Sumbar ini diikuti seluruh calon anggota legislatif (Caleg) PDIP se-Sumatera Barat, yakni 14 orang DPR RI, 65 DPRD provinsi serta 590 orang Caleg tingkat kabupaten dan kota. Rakerda ini dibuka Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Dua orang purnawirawan jenderal yang diusung PDIP itu yakni Irjen Pol (Purn) Fakhrizal dan Laksamana Muda (Purn) Yuhastihar. Keduanya merupakan pensiunan perwira tinggi (Pati) dengan dua bintang di pundak.

Baca juga: PDI Perjuangan Raih 1 Kursi DPR RI dari Sumatera Barat, Alex: Mohon Doa dan Kritiknya

Penelusuran media ini, Fakhrizal yang terlahir di Kamang Mudik, Kabupaten Agam pada 26 April 1963, merupakan Kapolda Kalimantan Tengah (2015-2016) dan Kapolda Sumatera Barat (2016-2019).

Setelah menamatkan pendidikan di SMAN 2 Padang pada tahun 1982, Fakhrizal mengikuti tes masuk Akabri dan dinyatakan bergabung dengan Korps Kepolisian dalam satu kali tes.

Setelah menamatkan pendidikan Akabri Kepolisian, Fakhrizal melanjutkan pendidikannya hingga dinyatakan lulus dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta tahun 1994 sehingga berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Kepolisian.

Ia lalu merampungkan studi Ilmu Hukum dalam Hukum Bisnis di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan meraih gelar Magister Humaniora tahun 2007.

Baca juga: Seorang Guru Laporkan Oknum Wali Nagari ke Bawaslu Pasbar, Merasa Dipaksa Pilih Caleg DPR RI

Sementara, Laksamana Muda (Purn) Yuhastihar sebelumnya juga pernah dicalonkan PDIP. Pada Pemilu 2019 lalu, lulusan terbaik Akabri Laut (Adhi Makayasa) 1983 merupakan Caleg PDIP Dapil Jatim 1 (Surabaya -- Sidoarjo) nomor urut 3.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: