SMPN 11 Padang Bangkitkan Kepedulian akan Bersih Lingkungan

Sabtu, 21 November 2015, 16:58 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
SMPN 11 Padang Bangkitkan Kepedulian akan Bersih Lingkungan
Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Padang, Riswandi, menggunting pita tanda dimulainya Lomba Gerak Jalan dan Aksi Bersih Lingkungan yang diadakan SMPN 11 Padang, Sabtu (21/11/2015). (humas)

VALORAnews -- SMPN 11 Padang, menggelar Lomba Gerak Jalan Sehat dan Aksi Bersih Lingkungan, Sabtu (21/11/2015) pagi. Kegiatan yang dilakukan sekolah peraih Adiwiyata Nasional 2014 ini, diikuti seluruh murid dan guru, sebagai upaya dalam rangka mendukung program Kota Padang yang bersih maksiat dan bersih lingkungan.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Riswandi, mewakili Wako Padang mengapresiasi kegiatan yang diadakan SMPN 11 ini. Kegiatan ini dinilai kreatif dan positif, karena menjadi bagian dalam mendukung visi Kota Padang, jadi kota Pendidikan, Perdagangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya.

"Kita memang berharap, generasi muda tidak hanya pintar di akademis, namun juga peduli terhadap lingkungan dimana saja mereka berada. Karena, dengan terciptanya lingkungan yang sehat, pasti akan memberikan kenyamanan. Sebaliknya jika ia tidak kita jaga dengan baik, bahkan juga bisa menimbulkan bencana," imbuh Riswandi sewaktu memberikan sambutan di lapangan SMPN 11 Padang.

Sementara, Kepala Sekolah SMPN 11, Suindra menyebutkan, kegiatan ini dikerjasamakan SMPN 11 dengan pihak kecamatan Lubuk Kilangan serta kelurahan Bandar Buat yang lurahnya berprestasi di tingkat nasional.

Baca juga: Kendaraan Bersumbu III Dilarang Lewati Ruas Jalan Simpang Koto Mambang-Balingka-Padang Lua Mulai 1 Juli

"Melalui kegiatan ini, di samping melaksanakan gerak jalan sehat, anak-anak juga melakukan aksi bersih lingkungan. Sehingga menjadikan mereka, tidak hanya peduli bagi lingkungan sekolah saja, tapi juga peduli terhadap lingkungan dimana saja mereka berada," sebut Suindra, di acara yang sekaligus memperingati Hari Guru Nasional ke-22 dan HUT PGRI ke-70 itu.

Dijelaskan Suindra, kegiatan tersebut diawali dengan pelepasan peserta di SMPN 11. Setelah dilepas, peserta akan berjalan melalui rute yang ditentukan, hingga kembali lagi di sekolah. Adapun di dalam perjalanan, masing-masing murid diperkenankan membawa kantong asoy, guna mengumpulkan sampah yang ada di sepanjang jalan untuk ditimbang di bank sampah sekolah. Sementara, bagi siswa yang paling banyak mengumpulkan sampah, akan diberikan doorprize menarik.

"Alhamdulillah, anak-anak tampak antusias dalam kegiatan ini. Apalagi, SMPN 11 juga dikenal dengan semboyan "ASOY" yang artinya Ambil Sampah Okelah Yaw. Harapan kita, semoga akan membentuk karakter siswa untuk senantiasa menjaga lingkungan," ujar Kepsek yang mampu membawa SMPN 11 meraih Adiwiyata Nasional 2014 ini.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir, Camat lubuk kilangan, Sofwan, Kabid di Bapedalda Kota Padang, Titin Masfterin, Lurah Bandar Buat, Nurmis Yacub serta Pengurus PGRI Kota Padang Mursid. (vri)

Baca juga: Unitas Padang Gelar Expo Kegiatan MBKM 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: