Nevi Zuairina Ungkap Peran PHE dalam Jaga Produksi Migas Nasional

Selasa, 23 Mei 2023, 23:52 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Nevi Zuairina Ungkap Peran PHE dalam Jaga Produksi Migas Nasional
Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Hj Nevi Zuairina saat sosialisasi Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) Untuk Menjaga Ketahanan Energi Nasional di Agam.

AGAM (23/5/2023) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Hj Nevi Zuairina ungkapkan, Pertamina Hulu Energi (PHE) memiliki kontribusi besar terhadap produksi Migas nasional.

Hal ini terlihat dari pengelolaan puluhan wilayah kerja (blok) yang terletak di Indonesia maupun di luar negeri.

"Bisa dibayangkan, jika tidak ada Pertamina Hulu Energi, ketersediaan Migas akan sangat tergantung pada perusahaan eksplorasi lain. Jika sudah mengalami ketergantungan, maka akan sangat mudah dipermainkan pihak lain," tutur Nevi saat sosialisasi Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) Untuk Menjaga Ketahanan Energi Nasional di Agam.

Legislator asal Sumatera Barat II ini menambahkan, Pertamina Hulu Energi juga memiliki peran penting terhadap kebijakan gas sebagai energi transisi.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan TJSL Semen Padang di 5 Titik

Dengan besarnya kontribusi PHE, tentu semua pihak harus memberikan dukungan terhadap pengembangan Pertamina Hulu Energi Subholding upstream sebagai pemain utama bisnis migas di dalam negeri.

Politisi PKS ini mengatakan, PHE dalam berkontribusi terhadap ketahanan energi nasional, mesti memegang prinsipnya dimana harus memenuhi lima pilar.

Yakni, availability (ketersediaan), affordability (keterjangkauan), accessibility (kemudahan), acceptability (masyarakat & lingkungan) dan sustainability (keberlanjutan).

"PHE sudah memenuhi sejumlah pilar ketahanan energi di antaranya ketersediaan, dan keberlanjutan. Dan produksi Pertamina menyumbang 54% dari kebutuhan nasional," ungkapnya.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Regulasi Perkoperasian Mampu Mengurai Persoalan

"Pencapaian PHE yang mengalami peningkatan produksi, juga akan menambah angka produksi energi sehingga kontribusi national oil company (NOC) semakin besar."

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: