Ketum PP PBFI Ajak Atlet Binaraga Fitness di Sumatera Barat untuk Komit Zero Dopping

Minggu, 21 Mei 2023, 00:01 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Ketum PP PBFI Ajak Atlet Binaraga Fitness di Sumatera Barat untuk Komit Zero Dopping
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PBFI, Irwan Alwi memukul gong tanda dimulainya Kejurda Binaraga Fitness tingkat Sumbar yang digelar di Hotel Kyriad Bumiminang, Sabtu malam. (mangindo kayo)

PADANG (20/5/2023) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI), Irwan Alwi berkomitmen, zero dopping pada setiap penyelenggaraan kejuaraan di bawah payung PBFI.

"Terbukti pakai dopping, akan kita hukum selama 4 tahun dan tidak boleh ikut lomba dari semua kejuaraan di bawah payung PBFI," tegas Irwan Alwi di Padang, Sabtu malam.

Hal itu ditegaskan Irwan Alwi usai melantik pengurus provinsi (Pengprov) PBFI Sumatera Barat yang diketuai anggota DPRD Sumbar, Syamsul Bahri. Pada pelantikan itu, sekaligus digelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Binaraga Fitness Sumatera Barat pada 19-20 Mei 2023 di Hotel Kyriad Bumiminang.

Menurut Irwan, cabang olah raga (Cabor) Binaraga ini, sudah terkenal dengan besarnya potensi penggunaan zat terlarang. Bahkan, KONI sempat tak mengizinkan Cabor Binaraga Fitness ini masuk ke ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Baca juga: Dilantik jadi Ketua Pengprov PBFI Sumatera Barat, Syamsul Bahri Siap Gelar Iven Internasional

"Untuk itu, kita butuh komitmen kita semua mulai pengurus pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, untuk mengawal atlet binaraganya tak terlibat dopping," ajak Irwan.

Pada Kejurda ini, digelar 4 kategori nomor pertandingan yakni dibawah 65 Kg, di atas 65 Kg, man sport dan man athletic physique.

Pesertanya, berasal dari utusan 15 pengurus cabang (Pengcab) dengan 80 atlet pulus 20 official.

Sementara, total hadiah sebesar Rp130 juta yang merupakan pokok pikiran Anggota Fraksi PDIP DPRD Sumbar, Syamsul Bahri yang juga Ketua Pengprov PBFI Sumbar periode 2020-2026.

Dengan Kejurda ini, merupakan seleksi awal dalam persiapan kontingen Sumbar yang akan dikirim berlaga di ajang Pra PON yang akan digelar Juli 2023 serta PON Aceh-Sumut yang akan ditabuh pada tahun 2024 mendatang. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: