Kodim dan Pemkab Agam Tanam 1000 Mangrove di Pantai Tiku

Selasa, 16 Mei 2023, 17:24 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Kodim dan Pemkab Agam Tanam 1000 Mangrove di Pantai Tiku
Komandan Kodim 03/04 Agam, Letkol Czi Renggo Yudi Arieko bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arif Restu dan Forkopimda lainnya, saat menanam 1000 bibit mangrove ditanam di sepanjang bibir pantai di kawasan Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamata

AGAM (15/5/2023) - Komandan Kodim 03/04 Agam, Letkol Czi Renggo Yudi Arieko menyampaikan, sedikitnya 1000 bibit mangrove ditanam di sepanjang bibir pantai di kawasan Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Senin.

Penanaman tumbuhan rawa bertajuk Mangrove for Better Life ini diinisiasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah pantai Indonesia.

"Untuk di Agam dilakukan di Ujuang Labuang seluas satu hektare dengan jumlah bibit sebanyak 1000 batang," ujarnya.

Setelah ini, terang dia, pihaknya akan merencanakan penanaman mangrove bersama Forkopimda dan melakukan program pemiliharaan.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pantai Pasia Tiku jadi Primadona, 1500 Pengunjung Datang per Hari

"Hari kita tanam secara simbolis, setelah ini penanaman 1000 bibit mangrove dan melalukan program pemiliharaan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Agam diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arif Restu mengatakan, penanaman mangrove di kawasan Pantai Ujuang Labuang sangat tepat.

Hal ini, katanya, mengingat ancaman abrasi yang cukup tinggi di kawasan tersebut. Selain itu ancaman pencemaran lingkungan juga berpotensi terjadi.

"Dengan adanya mangrove maka ancaman pencemaran lingkungan dan potensi abrasi pantai bisa dicegah," katanya.

Baca juga: Objek Wisata Pasia Tiku Dipadati Wisatawan di Libur Lebaran 2024

Pihaknya mengimbau masyarakat sekitar, untuk menjaga dan turut memelihara mangrove yang telah ditanam tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: