Bupati Agam: Hubungan Emosional Perantau dengan Kampung jadi Modal Sosial Pembangunan

Selasa, 25 April 2023, 21:18 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bupati Agam: Hubungan Emosional Perantau dengan Kampung jadi Modal Sosial Pembangunan
Bupati Agam, Andri Warman saat menyambut perantau Agam yang pulang kampung di kampus UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Kamis. (humas)

AGAM (25/4/2023) - Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, pada tahun 1444 H / 2023 M ini, merupakan kali pertama para perantau Agam pulang kampung dalam satu wadah, Badan Koordinasi (Bakor) Perantau Agam.

Bahkan ini jadi momen bersejarah bagi Pemkab Agam, karena sebelumnya perantau pulang kampung hanya dalam wadah organisasi nagari.

"Selamat datang kepada para perantau dari seluruh nusantara dan mancanegara, yang telah sampai di kampung halaman," ucap Andri Warman saat gelar kegiatan khusus bersama para perantau yang pulang kampung di UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Kamis.

Diyakininya, para perantau memiliki kerinduan mendalam pada kampung halaman, karena sudah lama tidak pulang sejak pandemi Covid-19.

Baca juga: Bupati Agam Ajak Pekurban untuk Peduli dengan Warga di Daerah Terdampak Bencana

Apalagi, katanya, perantau memegang peran penting sebagai agent of change, yang memiliki keterkaitan emosional tinggi dengan kampung halaman.

"Hubungan emosional ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi modal sosial yang kuat, dalam mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Dengan begitu, ia mengajak para perantau untuk bersinergi bersama pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Agam lebih maju ke depan.

"Ada beberapa program unggulan kita seperti pengembangan rumah tahfiz, kampung Inggris dan adat istiadat. Kita berharap perantau bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakannya," kata Andri Warman.

Baca juga: Bupati Agam Serahkan SK Pengangkatan 649 PPPK Agam Tahap II Formasi Tahun 2023

Sementara itu, Ketua Bakor Perantau Agam, Dr Zefri mengaku terharu atas penyambutan luar biasa yang diinisiasi Pemkab Agam, sehingga dapat menyatukan masyarakat di ranah dengan rantau.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: