Normalisasi Batang Kurambik Sepanjang 1,5 Km, Ini Kata Bupati Agam

Selasa, 11 April 2023, 17:54 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Normalisasi Batang Kurambik Sepanjang 1,5 Km, Ini Kata Bupati Agam
Bupati Agam, Andri Warman didampingi Kepala DPUTR Agam, Ofrizon dan tokoh masyarakat, meninjau pelaksanaan normalisasi Batang Kurambik di Nagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa. (humas)

AGAM (11/4/2023) -- Bupati Agam, Andri Warman menilai, normalisasi Batang Kurambik di Nagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya dapat mencegah terjadinya banjir bandang di wilayah itu.

Informasi dari warga, air Batang Kurambik sering meluap ketika hujan melanda, bahkan sampai merendam permukiman dan lahan pertanian masyarakat.

"Ini memang harus segera diatasi, supaya air tidak lagi meluap yang akan mengancam keselamatan masyarakat," ungkap Andri warman saat meninjau progres normalisasi Batang Kurambik yang telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu, Selasa.

Kepala DPUTR Agam, Ofrizon mengatakan, normalisasi sudah selesai tinggal lagi pemasangan bronjong dibeberapa titik rawan dan pembangunan irigasi.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

"Titik pemasangan bronjong, di bagian yang mengancam permukiman dan lahan pertanian masyarakat," terangnya.

Dikatakan, Batang Kurambik yang dinormalisasi sekitar 1,5 kilometer, melalui dana tanggap darurat bencana sebesar Rp500 juta.

Warga mengaku bersyukur Batang Kurambik dinormalisasi, supaya dapat berikan rasa aman dan nyaman bagi mereka ketika hujan melanda.

Sejumlah warga sampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Bupati Andri Warman, yang telah menormalisasi Batang Kurambik tersebut.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

"Kita sudah lama menginginkan Batang Kurambik ini dinormalisasi. Alhamdulillah, kini sudah terwujud. Terimakasih pak bupati," ucap seorang warga. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: