Mesjid Baiturrahman Simpang IV Mato Aia Gelar MTQ dan MHQ, Ini Harapan Sekda Agam

Minggu, 09 April 2023, 15:51 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Mesjid Baiturrahman Simpang IV Mato Aia Gelar MTQ dan MHQ, Ini Harapan Sekda Agam
Sekda Agam, Edi Busti saat mewakili Bupati Agam membuka MTQ Lansia dan Musabaqah Syahril Quran (MSQ) Dewasa se-Kecamatan Lubuk Basung di Mesjid Baiturrahman Simpang IV Mato Aia, Sabtu malam. (humas)

AGAM (8/4/2023) - Sekretaris Daerah Agam, Edi Busti sebagai umat Islam, sudah selayaknya semua elemen menyertakan ayat suci dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara memahami esensi Al Quran, salah satunya melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

"MTQ bukan sekadar lomba untuk mencari juara atau qori dan qoriah terbaik, tapi upaya menggali nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran agar jadi pedoman hidup dan tempat penyebaran agama Islam," ungkap Edi Busti saat mewakili Bupati Agam membuka MTQ Lansia dan Musabaqah Syahril Quran (MSQ) Dewasa se-Kecamatan Lubuk Basung di Mesjid Baiturrahman Simpang IV Mato Aia, Sabtu malam.

Menurut Edi, MTQ ini bisa meningkatkan kualitas hidup berbasiskan nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran.

Selain mampu menjawab kebutuhan umat, tambah Edi Busti, didalam MTQ juga ada seni membaca dan tajwidnya, inilah esensi dilaksanakannya MTQ.

Baca juga: 348 Peserta Ikuti MTQ Nasional ke-41 Tingkat Bukittinggi

"Kita berharap MTQ ini bisa menjadi tempat mendidik generasi muda dalam membentuk moralitas yang bagus dan mengajarkan disiplin melalui pendidikan agama sumbernya melalui Al Quran," harapnya.

Pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan ajang yang mulia ini.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ashabul Yamin Syaf, melaporkan kegiatan berlangsung hari ini sampai besok (9/4/2023), diikuti 25 orang yang terdiri dari peserta MTQ Lansia sebanyak 15 orang dan MSQ Dewasa sebanyak 10 orang.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Bupati Agam diwakili Sekda Kabupaten Agam yang telah membuka kegiatan ini secara resmi," tuturnya.

Baca juga: Ini Daftar Pemenang MHQ II Agam Tahun 2023

Kegiatan yang berjalan aman dan lancar itu, juga dihadiri Camat Lubuk Basung Hidayatul Taufik, tokoh masyarakat, seluruh panitia, juri, bundo kanduang dan lainnya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: