Serahkan Laporan Tahunan Pelayanan Informasi Publik secara Serentak: Bawaslu Berkomitmen Terapkan Budaya Keterbukaan Informasi Publik

Sabtu, 01 April 2023, 12:24 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Serahkan Laporan Tahunan Pelayanan Informasi Publik secara Serentak: Bawaslu Berkomitmen...
Ketua KI Sumbar, Noval Wiska bersama Elly Yanti (anggota Bawaslu Sumbar) dan Roza Molina (Kabag Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sumbar) saat penyerahan serentak laporan tahunan pelayanan informasi publik, oleh 19 ketua Bawaslu kabupaten dan kota

PADANG (1/4/2023) - Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Elly Yanti mengatakan, Bawaslu berkomitmen untuk menerapkan budaya keterbukaan informasi publik.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan laporan tahunan pelayanan informasi publik, yang dilakukan oleh 19 ketua Bawaslu kabupaten dan kota se-Sumatera Barat pada Komisi Informasi Sumbar, Jumat.

Menurut Elly Yanti yang didampingi oleh Kabag Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sumbar Roza Molina, penyerahan laporan serentak ini merupakan tahun ketiga yang dilakukan oleh Bawaslu Sumbar.

"Keterbukaan informasi publik pada hakikatnya adalah kebutuhan bagi badan publik, dan menjadi pertanggungjawaban kepada publik," kata Elly Yanti.

Baca juga: Media Gathering Bawaslu Sumbar: DPT Pemilu Legislatif 2014 hingga Pemilihan Serentak 2017 Terus Menyusut

Karena itu, lanjutnya, Bawaslu patuh dengan regulasi KIP, termasuk penyerahan laporan tahunan ke Ki Sumbar.

"Penting bagi Bawaslu untuk terus meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik, karena kerja pengawas itu tidak disukai semua orang," tambahnya.

Sementara, Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska saat menerima 19 Ketua Bawaslu mengatakan, sangat mengapresiasi kerja dan komitmen dalam keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Bawaslu se Sumbar.

"Komitmen Bawaslu se Sumatera Barat tidak perlu diragukan lagi, praktik keterbukaan informasi publik dilakukan secara paripurna, walaupun tahapan pemilu tengah berlangsung," ujar Nofal Wiska.

Noval menambahkan, KI Sumbar berharap pada tahun 2023, seluruh Bawaslu kabupaten dan kota mendapatkan predikat informatif.

"Namun yang paling penting adalah memastikan bagaimana sistim yang sudah dibangun bisa berjalan maksimal," tukas Noval.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: