Prevalensi Stunting 35,5 Persen, TPPS Pasbar Gelar Rakor

Rabu, 15 Maret 2023, 09:08 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Prevalensi Stunting 35,5 Persen, TPPS Pasbar Gelar Rakor
Ketua TP PKK Pasbar, Titi Hamsuardi menghadiri Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Simpang Empat, Selasa. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (14/3/2023) - Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dilakukan untuk memantapkan langkah di wilayah kerja masing-masing sehingga penanganan stunting lebih terarah dan memiliki progres yang jelas.

Hal itu dipertegas oleh Tim dan Ketua TPPS mulai dari kabupaten, kecamatan hingga nagari di aula kantor bupati setempat, Selasa dalam Rakor TPPS se-Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023, Selasa.

Rakor ini dihadiri Asisten, Staf Ahli, Ketua TP PKK Pasbar, Titi Hamsuardi, kepala OPD, kepala Puskesmas, ketua TPPS Kecamatan yang diketuai oleh camat, ketua TPPS nagari yang diketuai oleh wali nagari dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutan, Ketua TPPS Pasbar, Risnawanto yang diwakilkan Asisten I, Setia Bakti menjelaskan, jika penurunan angka stunting juga sudah diatur oleh Keputusan Presiden tentang percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing.

Baca juga: PKK Pakan Labuah Bukittinggi Dinilai Tim Provinsi

Kegiatan ini dilakukan secara berkala, melaporkan perkembangan stunting dan ada evaluasi dari pelaksanaan yang telah dilakukan.

"Sehingga jelas tugas ini sudah diperintahkan dari pusat. Maka semua stakeholder yang tergabung dalam TPPS untuk maksimal dalam bekerja dan melakukan evaluasi dari apa yang dikerjakan," kata Setia Bakti.

"Kami juga meminta kepada stakeholder terkait tentang penurunan stunting ini agar terus berkoordinasi dan maksimal. TPPS juga melakukan evaluasi dari kerja yang dilakukan dan melaporkan apa saja capaian yang dilakukan," terang Setia Bakti.

Ia menegaskan, jika penanganan stunting telah maksimal, tentu angka stunting di Pasaman Barat tidak akan terus mengalami kenaikan. Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, angka stunting bisa saja menjadi 15 persen dari prevalensi stunting 35,5 persen tersebut.

Baca juga: Sekda Pasbar Pimpinan Rapat Persiapan Penilaian Lomba PKK Berprestasi Tingkat Provinsi

"Itulah kita harus serius dalam melakukan penanganan stunting ini. Jangan sampai apa yang kita rencanakan tidak maksimal karena Rakor yang kita ikuti tidak sepenuh hati," tegasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: