IPDN Sematkan Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda untuk Erman Safar

Kamis, 09 Maret 2023, 20:03 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
IPDN Sematkan Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda untuk Erman Safar
Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo sematkan penghargaan Kartika Pamong Praja Muda pada Wako Bukittinggi, Erman Safar usai jadi pembicara pada stadium generale, Rabu. (humas)

BUKITTINGGI (8/3/2023) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dipercaya menjadi narasumber seminar nasional bersama bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji, di kampus IPDN Jatinangor, Rabu.

Dalam stadium general itu, Erman Safar diberi penghargaan Kartika Pamong Praja Muda oleh Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Dies Natalis IPDN ke-67 yang akan digelar pada 17 Maret 2023.

Dalam seminarnya, Erman Safar, mengambil judul kebijakan daerah dalam rangka pemulihan ekonomi dan menekan angka stunting dan mengurangi angka kemiskinan serta pengangguran terbuka.

Baca juga: Erman Safar Kembalikan Berkas Bacalon Wako Bukittinggi ke Partai Nasdem

Dia memaparkan program unggulan Bukittinggi untuk meringankan beban rakyat dan bantuan subsidi pinjaman modal tanpa bunga dan tanpa jaminan, Tabungan Utsman.

"Dengan program Tabungan Utsman ini, masyarakat dapat memanfaatkan pembiayaan secara syariah. Tidak ada bunga dan agunan," urai dia.

"Nasabah hanya membayar atau mencicil pinjaman pokok saja, dengan sistem menabung. Marginnya dibiayai oleh Pemko Bukittinggi melalui APBD. Sehingga UMKM bebas dari rentenir," jelas Erman.

Sejak pembiayaan perdana di tahun 2023, tanggal 20 Januari 2023 lalu, perkembangan realisasi program Tabungan Utsman hingga 3 Maret 2023, atau dalam waktu 40 hari, mencapai Rp6,8 miliar. Jumlah itu merupakan jumlah total pembiayaan yang bervariasi dari 740 nasabah.

Baca juga: Erman Safar Utus Sekretaris Gerindra Bukittinggi Ambil Formulir Bacalon Wali Kota ke Partai Demokrat

"Sejak awal dilaunching Maret 2022 lalu, hingga 3 Maret 2023 kemarin, Tabungan Utsman telah dimanfaatkan oleh 2469 nasabah, dengan realisasi dana sebesar Rp 19,3 miliar lebih."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: