Hari Ini Perkumpulan Padan Diluncurkan di Istana Bung Hatta Bukittinggi: Ada 10 Kasus Baru HIV/AIDS per Bulan di Sumatera Barat

Sabtu, 18 Februari 2023, 06:42 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Hari Ini Perkumpulan Padan Diluncurkan di Istana Bung Hatta Bukittinggi: Ada 10 Kasus...
Sejumlah kelompok masyarakat sipil akan mendeklarasikan Padan di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Sabtu ini.

"Melalui beberapa kali pertemuan daring dan luring, masalah-masalah yang menjadi latar belakang dan akibat penyimpangan perilaku dibicarakan. Pembicaraan ini menghasil rancangan program, sebagai pedoman respon Padan terhadap kebutuhan yang ada dan kemampuan awal yang ada dari perkumpulan saat ini," ungkap dia.

Padan kini mempunyai sekretariat di kawasan Aur Kuning, berasal dari donasi salah seorang anggota, Dr Andi Prawira. Sekretariat ini juga dipersiapkan untuk jadi tempat layanan bantuan.

Tujuan lembaga:

Baca juga: BANJIR PESSEL: PDAM Tirta Langkisau Diskon Tagihan Pelanggan 50 Persen

1. Meningkatkan literasi masyarakat menyangkut penyimpangan perilaku seksual; sehingga mampu mengenali secara dini dan berespon secara tepat.

2. Merintis layanan konsultasi individu, keluarga maupun kelompok

3. Melakukan advokasi kebijakan yang diperlukan untuk mendukung upaya-upaya pencegahan dan penanganan

"Bentuk-bentuk kegiatan secara terperinci akan disampaikan pada dialog hari ini. Acara dilaksanakan secara daring dan luring, melalui kanal resmi YouTube Padan, akun Instagram Padan dan akun Facebook Padan," ungkapnya.

Jumlah makin Banyak

Data penyimpangan perilaku yang akurat sangat sulit diperoleh, namun sejauh yang dapat diketahui dapat ditafsirkan bahwa dalam kenyataan dipastikan jauh lebih banyak. Karena mereka yang menderita sakit (fisik maupun psikis), tidak semua mencari layanan pengobatan.

"Bahkan banyak juga yang tidak tahu menahu bahwa dirinya membawa penyakit, sebagai host kuman ataupun virus, tapi tanpa gejala," ungkap Yulihasri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: