Rakor Publikasi dan Dokumentasi Bawaslu Sumbar: Alni: Kreatifitas Praktisi Humas Tentukan Citra Lembaga

Kamis, 16 Februari 2023, 17:19 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Rakor Publikasi dan Dokumentasi Bawaslu Sumbar: Alni: Kreatifitas Praktisi Humas Tentukan...
Sekretaris Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin melaporkan pelaksanaan kegiatan Rakor Publikasi dan Dokumentasi Bawaslu Ketua Bawaslu Sumbar, Alni didampingi tiga komisioner, Nurhaida Yetti, Elly Yanti dan Muhammad Khadafi serta Sekretaris Bawaslu Sumbar,

PADANG (16/2/2023) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Alni menegaskan, profesionalisme praktisi kehumasan akan membuat kehadiran lembaga jadi semakin dekat di masyarakat.

"Citra lembaga ditentukan oleh praktek Kehumasan. Karenanya, Humas jangan sampai lepas dari kreativitas," tegas Alni di Padang, Kamis.

Hal itu dikatakan Alni, saat membuka Rapat koordinasi (Rakor) Publikasi dan Dokumentasi Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dalam Rangka Pengawasan Pemilu Serentak 2024.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Sumbar, Elly Yanti menegaskan, era teknologi informasi saat ini telah menyebabkan jarak yang jauh jadi dekat, waktu yang lama jadi singkat.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Gelar Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif, Ini Target yang Ingin Dicapai

"Publikasi terhadap setiap kegiatan kita ini, merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban publik kita pada masyarakat," ungkap Elly Yanti.

Dalam paparannya, Elly Yanti menerangkan, fungsi publikasi dan dokumentasi ini, bukanlah berbasis divisi. Melainkan, program ini merupakan representasi dari kegiatan lembaga.

"Dengan menerapkan standar seperti itu, kita tak seperti katak dalam tempurung. Merasa telah melakukan banyak hal, tapi tak diketahui publik," ungkap Elly Yanti.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Proses, Nurhaida Yetti dalam arahannya mengingatkan, setiap personel Bawaslu mulai dari provinsi hingga badan adhoc, sibuk mengawasi peserta pemilu dan KPU beserta jajaran, tapi tidak mawas dengan diri sendiri.

Baca juga: Seleksi Calon Pengawas TPS di Sumbar, 1490 Lokasi Nihil Peminat, Padang Terbanyak

"Hati-hati dalam mengawasi. Karena, pengawas yang baik itu dimulai dari dirinya sendiri yang memberikan teladan," tegas Nurhaida Yetti.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: