H Baharuddin R Tuo Malin Dilantik jadi Ketua LKAAM Pasbar

Kamis, 05 Januari 2023, 18:23 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
H Baharuddin R Tuo Malin Dilantik jadi Ketua LKAAM Pasbar
Pelantikan LKAAM Pasaman Barat yang dipimpin H Baharuddin R di aula kantor bupati, Kamis. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (5/1/2023) - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Fauzi Bahar Dt Nan Sati melantik H Baharuddin R Tuo Malin sebagai Ketua LKAAM Pasaman periode 2022-2023 di Aula Kantor Bupati, Kamis.

"Pak Bahar ini dari polisi berpangkat Bharada hingga bisa mencapai pangkat Letkol dan jadi bupati dua periode. Beliau orang luar biasa. Kita berharap, LKAAM Pasbar bisa maju ditangan beliau," kata Fauzi Bahar saat pelantikan.

Dia berharap, dibawah kepemimpinan Bahar dan jajaran LKAAM Pasaman Barat bisa bersinar dan terlaksana adat bersendikan syarak, syarak bersendikan Kitabullah (ABS-SBK) guna membina dan mengawasi anak kemenakan dari berbagai pengaruh negatif lainnya seperti narkoba dan LGBT.

Dia menyebut ninik mamak memiliki peran strategis membina anak kemenakan dimasa depan. Apalagi Kapolri sudah mencanangkan restorasi justice (penyelesaikan perkara tidak sampai ke pengadilan).

Baca juga: Internet dan Telepon Seluler Masuk Dunia Pendidikan, Ketua LKAAM Sumbar: Potensi jadi Pemicu Kerusakan

Misalnya pencurian antara anak kemenakan di kampung, ninik mamak berperan menyelesaikannya, tak mesti sampai ke persidangan, cukup diselesaikan sampai kantor polisi atau jaksa.

Fauzi Bahar menyebut Pasbar adalah negeri yang kaya potensi agar dimanfaatkan untuk kemakmuran anak kemenakan." Nah di sinilah peran ninik mamak bisa mengayomi anak kemenakan," katanya.

Baharuddin R seusai dilantik menyampaikan bahwa dirinya bersama pengurus LKAAM akan bersinergi dengan Pemkab Pasbar dan bertekad memajukan adat di Pasaman Barat.

"Kita bertekad memajukan adat di Pasaman Barat dengan membuat hal- hal positif sehingga generasi muda bisa terhindar dari narkoba, LGBT dan kenakalan remaja lainnya," kata Bahar.

Bahar minta sokongan Pemkab Pasbar, dibuat rumah adat Pasbar seperti halnya di Kota Solok yang dibuatkan Pemko rumah adat sebagai bukti perhatian Pemkab Pasbar terhadap kaum adat dengan pagu anggaran Rp1,2 miliar.

Pelantikan yang diakhiri dengan makan bajamba itu dihadiri Gubernur Sumbar diwakili Kadis Kebudayaan, Syaifullah, Bupati, Hamsuardi, Wabup Risnawanto, Forkopimda, Ketua DPRD Erianto, Kepala OPD, Ketua LKAAM se-Sumbar, KAN se-Pasbar, Bundo Kanduang dan pimpinan BMUN dan swasta.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: