Dua Lokasi Tambang Emas Ilegal Dirazia Tim Ditkrimsus Polda Sumbar

Kamis, 29 Desember 2022, 16:56 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dua Lokasi Tambang Emas Ilegal Dirazia Tim Ditkrimsus Polda Sumbar
Satu unit alat berat jenis ekskavator diamankan tim Polda Sumbar, dalam razia tambang emas ilegal di Pasaman Barat, Rabu. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (29/12/2022) - Dua lokasi tambang emas ilegal di Pasaman Barat, di Jorong Tombang Kecamatan Talamau dan Rimbo Canduang Kecamatan Pasaman dirazia tim dari Polda Sumbar, Rabu (28/12/2022) pagi sampai malam.

"Hasil razia ke lokasi tambang, ditemukan dua alat berat jenis ekskavator. Satu unit sedang bekerja di tepi sungai dan satu unit dalam keadaan mati atau rusak," ungkap Kasubdit IV Ditkrimsus Polda Sumbar, Kompol Firdaus didampingi Kasat Reskrim Polres Pasaman Barat, AKP Fahrel Haris di Simpang Empat, Rabu malam.

Menurutnya, jalan menuju lokasi tambang di daerah Tombang itu cukup berat. Jalan hanya bisa ditempuh dengan mobil gardan dua dengan medan jalan tanah yang cukup berat.

Awal masuk perkampungan Tombang langsung disambut oleh pos pantau atau portal jalan sebelum masuk daerah Tombang itu.

Baca juga: Wakajati Sumbar Resmikan Palanta Adhyaksa Pasaman Barat

Sesampai di lokasi pada Rabu (28/12/2022) siang, ditemukan satu unit alat berat ekskavator dalam keadaan mati. Kemudian melihat satu alat berat sedang bekerja diseberang sungai yang ada di daerah Melihat itu, tim langsung turun untuk melakukan penindakan.

Namun untuk menuju alat berat itu petugas harus menyeberangi sungai menggunakan rajang atau jembatan yang hanya terbuat dari satu bambu dan membutuhkan waktu dan kehati-hatian dalam melintas jembatan itu.

"Ketika tim hendak menyeberangi sungai alat berat itu langsung berhenti dan membawanya ke dalam semak dekat lokasi itu dan operatornya melarikan diri," sebutnya.

Saat petugas sampai diseberang sungai itu dan memeriksa alat berat ternyata sudah dalam keadaan terkunci dan operatornya sudah melarikan diri.

Baca juga: Tim Opsnal Polres Pasbar Grebek Tambang Emas Ilegal Dinihari, 7 Pelaku Dicokok, Operator Alat Berat Kabur

Selain menemukan alat berat ekskavator petugas juga menemukan puluhan jerigen minyak, mesin dompeng dan box atau alat penyaring pasir.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: