Akun @infounand Ungkap Dugaan Pelecehan di Universitas Andalas

Kamis, 22 Desember 2022, 14:48 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Akun @infounand Ungkap Dugaan Pelecehan di Universitas Andalas
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (22/12/2022) - Seorang dosen Universitas Andalas (Unand), KC viral setelah dipublish akun instagram @infounand dengan dugaan telah melakukan pelecehan pada para mahasiswinya. Rekaman berisi percakapan antara salah seorang korban dengan KC, juga diunggah admin akun @infounand itu. Rekaman itu sudah di-blur kan suaranya.

"Rekaman yang kami publish kemarin hanya sebagian kecil dan berusaha kami samarkan karena sifatnya sangat sensitif. Demi memberikan sanksi soal dan efek jera kepada pelaku yang sampai saat ini belum dipecat," seperti dikutip dari akun @infounand, Rabu sekitar pukul 14.00 WIB.

Akun ini menjanjikan, tengah mencari celah agar dapat mempublikasikan kronologi kejadian pelecehaan ini melalui rekaman yang ada.

"Meski tidak utuh tapi lebih lengkap, agar publik tahu betapa kejinya perbuatan oknum dosen tersebut," ungkap dia sembari memastikan, akan terus mengawal kasus yang tengah ditangani Satgas Pencegahan & Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Andalas (PPKSUA).

Baca juga: Dosen Pemula Mesti Lahirkan Riset yang Implementatif

Diinformasikan, sedikitnya terdapat sembilan korban berdasarkan keterangan saksi. Namun, semua berhenti di tengah jalan, karena kurangnya alat bukti dan adanya dugaan pembungkaman yang dilakukan oleh pelaku.

"Bukti dari korban X yang kami dapatkan, merupakan bukti paling kuat namun sampai saat ini belum ada kepastian tentang status pelaku," tulis admin @infounand yang diunggah 13 jam lalu.

Atas unggahan @infounand ini, Satgas PPKSUA melalui akun resminya, @satgasppksunand menulis, "Kasus ini sudah diproses oleh Satgas PPKS. Proses masih berlanjut hingga kini dan kami memiliki hak untuk tidak mempublikasikan hasil berita acara pemeriksaan (BAP) kepada publik, sehingga yang terlihat hanyalah sebagian kecil dari proses yang sedang kami perjuangkan."

"Silakan akses akun instagram kami untuk mendapatkan layanan hotline dan formulir pengaduan yang tertera pada bio. Terimakasih untuk kesadaran dan kepedulian yang tinggi dari seluruh civitas akademika."

Baca juga: Berlarut Selama 13 Tahun, Komisi X DPR akan Bentuk Panja Guru dan Dosen

Atas unggahan akun @infounand ini, hujatan dan makian terlontar dari berbagai kalangan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024