Dosen Pemula Mesti Lahirkan Riset yang Implementatif

Minggu, 30 Juli 2023, 13:00 WIB | News | Nasional
Dosen Pemula Mesti Lahirkan Riset yang Implementatif
Anggota Komisi X DPR RI, Mustafa Kamal.

JAKARTA (30/7/2023) - Anggota Komisi X DPR RI, Mustafa Kamal menegaskan, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan segala kekayaannya.

"Indonesia sebenarnya jadi lahan bagi peneliti, untuk mengkaji berbagai hal, baik dalam bidang sains dan teknologi maupun bidang sosial humaniora," ungkap Mustafa Kamal dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu.

Hal itu dikatapan Mustafa Kamal saat memberikan sambutan pada workshop peningkatan kualitas penelitian dosen pemula, yang diselenggarakan Kemendikbudristek RI dan Komisi X DPR RI di LLDIKTI wilayah II, Palembang, Sumatera Selatan.

Workshop yang digelar di Palembang, 26 Juli 2023 ini, dihadiri oleh dosen-dosen muda dari sejumlah perguran tinggi.

Baca juga: Dosen Muda Unand Dilatih Penulisan Artikel Pengabdian Masyarakat Berbasis Media Massa

Dia meminta para peneliti atau dosen muda di Indonesia, menghasilkan riset yang berdampak luas bagi masyarakat.

"Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, juga memiliki aneka ragam dalam hal sosial dan budaya. Ini bahan penelitian yang tak pernah habis," terang dia.

Dia menekankan, para peneliti juga harus memperhatikan hal implementasi hasil penelitian yang berdampak langsung pada masyarakat.

"Saya berharap, penelitian yang dilakukan oleh bapak dan ibu di sini memberikan efek atau dampak yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia," ujar Politisi Fraksi PKS ini.

Karena itu, ia mengajak peneliti dan politisi untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

"Bapak ibu jangan alergi dengan politisi, karena politisi adalah pengambil kebijakan. Sehingga, hasil-hasil penelitian dari bapak ibu bisa langsung diimplementasi dalam bentuk kebijakan, agar bisa berdampak luas kepada masyarakat," terangnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: