Atasi Macet di Pasar Padang Luar, Pemkab Agam dan PT KAI Tandatangani MoU

Rabu, 21 Desember 2022, 08:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Atasi Macet di Pasar Padang Luar, Pemkab Agam dan PT KAI Tandatangani MoU
Bupati Agam, Andri Warman bersama perwakilan PT KAI mempelihatkan naskah MoU terkait pemanfaatan lahan perusahaan jawatan tersebut dalam mengurai kemacetan di Pasar Padang Luar, Agam. Ikut mendampingi, Menteri BUMN, Erick Tohir dan Andre Rosiade (anggota

AGAM (20/12/2022) - Pemkab Agam tandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kerata Api Indonesia, dalam upaya mengatasi kemacetan jalan nasional di Pasar Padang Lua, Kecamatan Banuhampu.

"Pasar ini sangat ramai karena central sayur dari berbagai daerah di sini. Sehingga perlu ditata, kita berharap penandatanganan MoU ini memberi dampak positif dalam mengurai kemacetan yang telah terjadi puluhan tahun lalu ini," ungkap Bupati Agam, Andri Warman, Selasa.

Diungkapkan, MoU yang baru saja ditandatangani itu, akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Agam dan PT KAI.

"Kita berharap, lahan milik PT KAI bisa kita manfaatkan sebagai tempat parkir atau semacamnya, sehingga tidak ada penumpukan kendaraan di jalan," katanya.

Baca juga: PT KAI Inginkan Aset di Pasar Padang Luar Dikelola Satu Atap, Ini Kata Bupati Agam

Andri Warman menargetkan, PKS antara Pemkab Agam dan PT KAI dilakukan pada awal 2023, sehingga di tahun tersebut, Pasar Padang Lua sudah bebas dari kemacetan.

"Tahun 2023 akan kita tidaklanjuti, akan membahas terkait penanganan-penanganan secara teknis," ujar dia.

Ditambahkan, titik terang penyelesaian kemacaten di Pasar Padang Lua tidak terlepas dari dukungan banyak pihak.

"Kita juga berterimakasih kepada bapak Andre Rosiade, PT KAI, OPD terkait, camat, wali nagari, pengurus pasar yang telah bersama-sama mencari solusi kemacetan ini," katanya.

Baca juga: Atasi Macet Pasar Padang Luar: PT KAI Persilahkan Pemkab Agam Manfaatkan Aset di Pasar Padang Luar, Ini Respon Bupati

MoU ini yang ditandatangani di Sawahlunto, disaksikan Menteri BUMN, Erick Thohir dan Anggota DPR RI, Andre Rosiade. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: