Bertemu IKMS Australia, Mahyeldi: Pemprov akan Gelra Pertemuan Minang Diaspora Sedunia 2023

Sabtu, 17 Desember 2022, 08:13 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bertemu IKMS Australia, Mahyeldi: Pemprov akan Gelra Pertemuan Minang Diaspora Sedunia...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyambut siriah dalam carano pada Welcome Dinner Perantau Minang Saiyo Sydney - Australia, di auditorium gubernuran, Kamis malam. (humas)

PADANG (15/12/2022) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, perantau Minangkabau telah menyebar di berbagai negara tanpa meninggalkan identitas asalnya.

Bahkan perantau Minang yang tersebar di 12 negara, telah memiliki Bundo Kanduang. Itu setidaknya menandakan bahwa orang Minangkabau banyak merantau.

"Insya Allah tahun 2023 ini, direncanakan pertemuan Minang Diaspora yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat. Mudah-mudahan para tokoh dan perantau dapat menghadiri agenda ini," ungkap Mahyeldi pada Welcome Dinner Perantau Minang Saiyo Sydney - Australia, di auditorium gubernuran, Kamis malam.

Para perantau Minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS) dan Surau Sydney Australia (SSA) ini, pulang basamo atau pulang kampung bersama ke Ranah Minang. Sebanyak 120 orang diaspora Minangkabau ini, tercatat ada yang telah puluhan tahun menetap di Sydney dan berkeluarga di sana.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Rasa bangga menggema di suasana malam tersebut karena para perantau berkesempatan memperkenalkan generasi mereka pada kampung halaman, Minangkabau.

"Selamat datang di Ranah Minang pulang ke kampung nan tacinto," kata Mahyeldi.

"Semoga dengan pertemuan ini, bisa meningkatkan silaturahmi yang harus selalu terjaga, menjadi pengingat bagi perantau dan untuk para generasi selanjutnya, bahwa asalnya tetaplah dari Minang," ungkap dia.

Sementara, Ketua Surau Sydney Australia (SSA), Novri Latif menyebutkan, pulang basamo ini mencerminkan para perantau-perantau Minangkabau yang ada di seluruh dunia. Dengan harapan bisa dikesempatan lain kali bisa pulang bersama ke tanah Minang, dengan seluruh para perantau seluruh dunia.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

"Kami bersemangat membawa anak kami pulang, dengan melihatkan bahwa mereka adalah orang Indonesia dan orang Minang. Dengan adanya surau ini, alhamdulillah bisa menampung anak-anak kita dalam berbagai acara untuk anak muda kami," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: