Bukittingi Raih Opini WTP Tahun Buku 2021, Sukses Diperoleh Sejak 2013

Senin, 12 Desember 2022, 17:55 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittingi Raih Opini WTP Tahun Buku 2021, Sukses Diperoleh Sejak 2013
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyerahkan penghargaan WTP dari BPK RI pada Wawako Bukittingi, Marfendi di auditorium gubernur Sumatera Barat, Senin. (humas)

BUKITTINGGI (12/12/2022) - Kota Bukittinggi berhasil raih penghargaan WTP lima kali berturut turut yang diberikan Kementrian Keuangan (Kemenkeu). Penghargaan ini diserahkan Gubernur Sumbar, MahyeldipadaWakil Walikota Bukittinggi, Marfendi diauditorium gubernur Sumatera Barat, Senin.

"Mendapatkan WTPuntuk laporan keuangan pemerintah daerah mungkin suatu hal yang biasa. Tapi, ketika didapatkannya secara berturut-turut sejak tahun 2017 hingga 2021, ini suatu apresiasi yang tinggi ke Pemko Bukittinggi," ujar Marfendi usai menerima penghargaan.

Marfendi berharap, prestasi ini bisa dipertahankan. "Adapun kondisi yang dihadapi saat ini, dirasa cukup berat bagi pemerintah untuk mempertahankan posisi yang seperti ini kembali," terangnya.

Sementara, Elfira dari Badan Keuangan Daerah, mengakubangga atas prestasi seluruh pengelola keuangan di Lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

"Opini BPK atas audit Laporan Keuangan Daerah (LKPD) ini mencerminkan transparansi, akuntabilitas dan komitmen para pengelola keuangan dari mulai perencanaan, penganggaran, penatausahaan sampai kedalam 7 macam LKPD," ungkap Elfira.

"Baik kerja diawal, akan baik ditengah dan begitu juga sampai laporan keuangan disajikan," tambahnya.

Disampaikannya, pada era ini, Opini WTP merupakan keharusan dalam pengelolaan keuangan daerah. Jadi, ini bukan hanya sekadar prestasi semata.

Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan selamat untuk Bukittinggi, karena masuk Kategori Opini WTP sembilan kali berturut-turut.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

"Mudah-mudahan audit atas LKPD tahun 2022 nanti akan mendapatkan WTP lagi. Sehingga tahun depan, kota Bukittinggi akan menerima kategori 10 kali berturut-turut sejak LKPD 2013 lalu," pungkasnya. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: