Sumatera Barat Ditunjuk jadi Tuan Rumah Festival Budaya Nusantara Tahun 2023

Senin, 12 Desember 2022, 17:18 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Sumatera Barat Ditunjuk jadi Tuan Rumah Festival Budaya Nusantara Tahun 2023
Wawako Bukittinggi, Marfendi bersama inyiak Datuak Sati didampingi oleh Inyiak Datuak Maruhun hadiri Festival Budaya Nusantara ke-2 di Pelataran Borobudur, Provinsi Jawa Tengah. (humas)

BUKITTINGGI (12/12/2022) - Sebanyak 264 kerajaan di nusantara, ikut dalam Festival Budaya Nusantara ke-2 di Pelataran Borobudur, Provinsi Jawa Tengah. Acara ini merupakan ajang bertemunya para Sultan, Raja dan petinggi-petinggi adat se-Nusantara.

"Acara digagas Masyarakat Adat Nusantara (Matra)," ujar Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi Maad Dt Basa nan Balimo melalui pesan WhatsApp, Senin.

Marfendi sendiri, ikut diacara tersebut. Sebelumnya, acara serupa digelar di Provinsi Bali. Acara berlangsung sukses dihadiri sekitar 160 kerajaan. Pada acara ke-2 ini terdaftar sebanyak 264 kerajaan di Nusantara.

"Acara ini sangat luar biasa dan spektakuler, karena bertemunya para raja di nusantara, yaitu dari Sabang sampai Merauke, bahkan ada juga dari Brunei," ungkap dia.

Baca juga: Wawako Padang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2023, Syafrial Kani: Materi Akan Dibahas Pansus

"Dalam acara itu, bisa bercerita sejarah masa lalu, berdiskusi dan bernostalgia, mencari silsilah kerajaan masing-masing," sebut Marfendi.

"Saya sebagai wakil wali kota Bukitttinggi diundang secara khusus oleh panitia, dan saat itu saya minta panitia agar mengundang Pangulu Pucuak Kurai Limo Jorong dan urang nan Tujuah," ungkapnya.

"Alhamdulillah saran saya tersebut, panitia mengundang inyiak Datuak Sati didampingi oleh Inyiak Datuak Maruhun," paparnya.

Acara tersebut berlangsung, Jumat (9/12/2022) hingga Senin(12/12/2022). Acara itu sendiri dimulai dengan shalat Jumat, lalu diteruskan pengukuhan pengurus Wilayah Matra se Jawa. Pada malam harinya gala dinner dan penampilan budaya se Nusantara.

Baca juga: DPRD Padang Sidempuan Pelajari Mekanisme Pertanggungjawaban Keuangan Perjalanan Dinas di DPRD Sumbar

Sedangkan dari Sabtu (10/12/2022) sampai malam harinya, diadakan karnaval budaya, pesta rakyat dan dialog budaya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: