Visit Beautiful West Sumatera, 50 Desa Wisata Agro Disiapkan, Flight Internasional Diaktifkan

Selasa, 13 September 2022, 22:14 WIB | Wisata | Kota Padang Panjang
Visit Beautiful West Sumatera, 50 Desa Wisata Agro Disiapkan, Flight Internasional...
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menandatangani peluncuran 50 Desa Wisata di Sumatera Barat di Desa Kubu Gadang, Padang Panjang, Selasa. (kominfo)

Bimbingan oleh Pentahelix Pariwisata

Sementara itu, berkaitan dengan pengembangan Desa Wisata Agro, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran memberikan apresiasi pada niniak mamak di Sumatera Barat.

Menurutnya, selama ini niniak mamak telah berpikir jauh ke depan dalam menjaga presevasi lingkungan, hingga saat ini kita dapat merasakan kelestarian alam berpadu potensi pertanian dan perkebunan.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

"Ini menjadi potensi Sumatera Barat, sehingga bisa dimanfaatkan di bidang pertanian, perkebunan dan pengembangan Desa Wisata Agro agro," tuturnya.

Adapun untuk pengembangan 50 Desa Wisata Agro yang telah diresmikan, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menjelaskan, setiap Desa Wisata nantinya akan diberikan pembimbingan oleh pentahelix pariwisata.

Diharapkan dengan pembimbingan ini, dapat memperluas pengetahuan dan pengalaman entrepreneurship kepariwisataan Pokdarwis selaku pengelola.

"Pada tahap pertama, bekerjasama dengan Bank Nagari, PHRI dan stakeholder lainnya, kita akan berikan pembimbingan entrepreneurship yang dikolaborasikan dengan konsep pariwisata agar dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat," jelas Budi.

Mengakhiri peluncuran 50 Desa Wisata Agro tersebut, Pemprov Sumbar bersama Bank Nagari dan PHRI menandatangani perjanjian kerjasama guna pengembangan, pemasaran dan akses pelayanan perbankan bagi Desa Wisata Agro. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: