Mahyeldi Luncurkan Quran Maqashid Syariah

Minggu, 04 September 2022, 13:16 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Luncurkan Quran Maqashid Syariah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima secara simbolis Mushaf al Quran Maqashid Syariah, usai diluncurkan di acara Subuh Mubarakah di Masjid Raya Sumatera Barat, Ahad. (humas)

"Kita berharap. masyarakat dapat mengimplementasikan ayat-ayat ini, bahwa ada keutamaan berbisnis. Nabi Muhammad SAW, misalnya sejak kecil sudah berbisnis sesuai dengan syariah Islam," kata Farel.

Subuh mubarakah yang diawali dengan shalat subuh berjamaah dan tausyiah oleh Ustad Ahmad Qosasih dengan judul takmirul masjid, yang mempunyai arti meramaikan masjid.

Dalam tausiyahnya, Ustad Ahmad Qosasih mengatakan, terdapat tiga komponen dalam kepengurusan masjid, yang pertama adalah Idarah Masjid, orang yang menjalankan administrasi atau manajemen masjid.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Kedua, Ria'yatul Masjid, orang yang menjaga keamanan masjid dan jemaah dan Imatul Masjid, kelompok yang menentukan bagaimana masjid tersebut syiar hidup dan dipenuhi jama'ah.

"Adapun sifat pengelola masjid yaitu harus milik semua golongan, pengurus masjid harus memiliki sifat terpuji, menjaga kenyamanan jamaah, jadikan masjid tempat ibadah bukan tempat jualan serta imam dan muadzin masjid seharusnya menjadi orang-orang yang qori' dan fasih dalam membaca al Quran," terangnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: