Kabut Asap Makin Parah, PAUD, TK dan SD di Padang Libur

Kamis, 22 Oktober 2015, 23:40 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kabut Asap Makin Parah, PAUD, TK dan SD di Padang Libur
Ketua DPRD Padang, Erisman bersama Edi Hasymi (kepala Bapedalda Padang), mengumumkan libur sekolah bagi murid PAUD, TK dan SD di Kota Padang mulai Jumat hingga Sabtu (23-24/10/2015). (humas)

VALORAnews -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Dt Marajo, menetapkan mulai Jumat hingga Sabtu (23-24/10/2015), seluruh murid PAUD/TK dan SD, libur sekolah. Kebijakan ini seiring dengan makin pekatnya kabut asap menyelimuti udara ibu kota provinsi Sumbar ini.

"Keputusannya baru diambil malam ini oleh walikota. Informasi ini kemudian disebarluaskan melalui siaran RRI Padang oleh Kepala Bapedalda Padang, Edi Hasymi bersama Erisman (ketua DPRD Padang), dalam siaran Pro 1 RRI Padang 97.5 FM, pukul 21.15 WIB," ungkap Kabag Humas dan Protokol Kota Padang, Mursalim, beberapa saat lalu.

Sejak Kamis pagi, kualitas udara berdasarkan pengukuran yang dilakukan Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang di Agam, Sumbar, sudah masuk kategori berbahaya. Makin siang, ketebalan kabut asap makin pekat seiring terus bertambahnya PM10-nya.

Pemeriksaan pukul 07.00 WIB, konsentrasi harian aerosol PM10 (partikel debu) berada di level 434 mikrogram permeter kubik, yang artinya Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) dalam kategori Berbahaya.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Dinkes Bagikan Masker ke Masyarakat

Selang satu jam kemudian, kualitas udara belum menunjukkan peningkatan, bahkan PM10 bertambah ke level 482 ug/m3. Dua jam setelah itu, atau pukul 09.00 WIB, kualitas udara terus memburuk dan PM10 berada di level 500 mikrogram permeter kubik yang artinya ISPU masih dalam berkategori Berbahaya.

Pada pemeriksaan pukul 10.00 WIB, kualitas udara dan PM10 terus bertambah ke level 509 mikrogram permeter kubik atau tetap dalam kategori Berbahaya. Kabut asap makin pekat hingga pukul 11.00 WIB. Dimana, PM 10 berada pada angka 465 mikrogram permeter kubik, artinya ISPU masih tetap dalam kategori berbahaya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: