Marfendi Ditunjuk jadi Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Bukittinggi

Rabu, 03 Agustus 2022, 17:02 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Marfendi Ditunjuk jadi Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Bukittinggi
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar melantik TPPPS yang dipimpin Wawako Bukittinggi, Marfendi di Aula Balaikota, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (3/8/2022) - Perda RPJMD Bukittinggi menargetkan, angka stunting berada pada posisi 14 persen di tahun 2024. Pada tahun 2022 ini, angka stunting Bukittinggi berada di posisi 19 persen.

"Untuk itu, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang terdiri dari banyak SKPD, memiliki tugas masing masing dengan tujuan yang sama, menurunkan angka stunting," ungkap Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar saat mengukuhkan TPPS Bukittinggi yang dipimpin Wawako, Marfendi, di Aula Balaikota, Rabu.

Dikatakan Erman Safar, penurunan angka stunting ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM serta meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Stunting ini diakibatkan kurangnya gizi kronis pada bayi, sehingga sang anak mengalami kegagalan dalam mencapai tinggi badan yang normal dan berpengaruh pada kemampuan kognitifnya.

Baca juga: TP PKK dan Baznas Pessel Salurkan Bantuan Makanan Tambahan Balita di Bayang

"TPPS ini bertugas untuk mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergensi dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor di Bukittinggi," jelas Erman.

Dia menambahkan, tahun anggaran 2023 mendatang, anggaran untuk biaya gizi anak akan dinaikkan. Penyuluhan pada orang tua harus ditingkatkan, terutama pada pasangan yang baru menikah.

Dikesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kemenag dan DP3APPKB Bukittinggi tentang penguatan pendampingan calon pengantin dan remaja usia pranikah dalam rangka pencegahan resiko dan penurunan stunting.

Selain itu juga diserahkan bantuan DAK tahun anggaran 2022 oleh BKKBN Sumbar pada Pemko Bukittinggi sebesar Rp1,562 miliar lebih.

Baca juga: SEKDA PESSEL Buka Rakor Percepatan Penurunan Stunting

Sementara, Marfendi memastikan, TPPS akan segera mengkoordinasikan dan mengefektifkan kerja, agar penurunan angka stunting sesuai target Perda RPJMD tercapai. "Semua SKPD terkait harus bekerja maksimal," tegasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024