Sandiaga Uno jadikan Sumatera Barat Pilot Project Wisata Ramah Muslim

Rabu, 06 Juli 2022, 17:23 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sandiaga Uno jadikan Sumatera Barat Pilot Project Wisata Ramah Muslim
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Sandiaga Uno (Menparekraf) saat kegiatan Subuh Mubarakah di Masjid Raya Bukittinggi, Rabu pagi. (humas)

Padang (6/7/2022) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menilai, sejumlah daerah potensial untuk dikembangkan jadi destinasi wisata ramah muslim (Muslim Friendly Tourism). Salah satunya adalah Sumatera Barat.

Potensi ini juga didukung dengan keberhasilan destinasi wisata halal Indonesia yang berhasil meraih meraih peringkat kedua dari 138 negara dalam pemeringkatan Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2022.

"Posisi ini naik dua tingkat dari tahun 2021. Saat itu Indonesia waktu itu meraih peringkat keempat. Ini jadi motivasi saya untuk menjadikan Indonesia yang terdepan dalam pengembangan destinasi wisata halal," ujar Sandiaga Uno saat menyampaikan sambutan di acara Subuh Mubarakah bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Masjid Raya Bukittinggi, Rabu pagi.

Ia juga menunjuk Provinsi Sumatera Barat jadi pilot project destinasi wisata halal di Indonesia. Diharapkan, dengan ditunjuknya Sumbar menjadi pilot project, dapat menjadikan Indonesia peringkat pertama dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2023.

Baca juga: Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

"Tahun ini kita hanya berbeda empat poin dengan Malaysia. Saya harap, dengan ditunjuknya Sumbar jadi pilot project, Indonesia mendapat poin sebesar 75 di tahun 2023," imbuhnya.

Benahi Ekses Negatif

Sementara, Mahyeldi mengapresiasi kesediaan Sandiaga Uno untuk hadir ke masjid dinihari kemudian melakukan shalat subuh berjamaah bersama masyarakat.

Di samping itu, Mahyeldi juga menyampaikan upaya Sumatera Barat jadi destinasi wisata halal terbaik di dunia, salah satunya dengan melakukan pengembangan sektor pariwisata yang merupakan salah satu program prioritas Pemprov Sumbar.

Baca juga: Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

"Hal tersebut ditandai dengan naiknya kunjungan wisatawan pasca lebaran hampir 200 persen dibandingkan libur lebaran di tahun-tahun sebelumnya," ungkap Mahyeldi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: