QRIS Ramadhan Fair Digelar di Tiga Lokasi di Padang, Wahyu: Untuk Melazimkan Pembayaran Digital

Rabu, 20 April 2022, 21:53 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
QRIS Ramadhan Fair Digelar di Tiga Lokasi di Padang, Wahyu: Untuk Melazimkan Pembayaran...
Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama A saat Pembukaan Pre Event FEKDI 2022 di Transmart, Padang, Rabu. (vebi riki yanto)

"QRIS Ramadhan Fair yang dilakukan saat ini, merupakan tindak lanjut dari upaya memasyarakatkan pembayaran digital menggunakan QRIS yang telah dilakukan sejak diluncurkannya QRIS yaitu pada tahun 2019 hingga saat ini yang mencapai jumlah merchant QRIS sebanyak 16,4 juta merchant, 14,9 juta pengguna QRIS (Januari 2022) dengan nilai transaksi mencapai Rp3,4 triliun pada bulan Februari 2022 di Indonesia," ungkap Wahyu.

Wahyu mengapresisi Pemprov Sumatera Barat yang telah mendorong peningkatan akseptasi penyediaan QRIS. Hingga Maret 2022, terdapat 257.613 merchant, meningkat 11.4% dibandingkan akhir tahun 2021.

Pertumbuhan ini lebih besar dari pertumbuhan nasional yang sebesar 10,9%. "Ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi yang kuat antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, UMKM, PJP dan lembaga terkait," ungkap Wahyu.

Baca juga: BI dan Pemprov Sumbar Gelar Minang CrEFt 2022, Ini Targetnya

Dalam rangka mendorong peningkatan penggunaan pembayaran digital melalui QRIS, terang dia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat menyelenggarakan rangkaian acara Pre-Event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 dengan mengangkat tema besar "Synergistic and Inclusive Digital Economy Ecosystem for Accelerated Recover" yang dimulai 20-23 April 2022 di 3 tempat yaitu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Transmart Padang dan Pasar Raya Padang.

"Penyelenggaraan rangkaian acara ini kami tujukan untuk mengajak masyakarat untuk kenal lebih dekat dengan QRIS. Jika pada tahun sebelumnya mungkin kita baru terbatas pada "tahu," maka kami mengajak masyarakat untuk "lebih kenal," "bertanya" dan "mencoba" bertransaksi menggunakan QRIS melalui kegiatan QRIS Ramadhan Fair yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik serta kegiatan-kegiatan lainnya yang digagas oleh berbagai pihak yang bekerja sama dengan kami," harapnya.

Rangkaian acara Pre-Event FEKDI yang akan diselenggarakan selama 4 hari ke depan terdiri dari QRIS Ramadhan Fair, dengan menghadirkan produk UMKM terbaik Sumatera Barat yang sudah Go-Digital, dan produk digital payment dari PJP Sumatera Barat yang juga diselenggarakan dalam rangka mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Kemudian, berbagai talkshow seperti Inklusi Keuangan, Digitalisasi pembayaran, dan Kartini Masa Kini, Rakor TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah), Fashion Show pakaian Minang dan produk UMKM serta Peresmian 3 Pasar Rakyat S.I.A.P QRIS, dan Lomba nasyid.

"Dengan Pre-Event FEKDI ini, kami berharap dapat mendorong keuangan inklusif Sumatera Barat melalui peningkatan penggunaan transaksi digital melalui QRIS oleh masyarakat," harapnya.

"Meningkatkan dukungan, partisipasi dan kolaborasi industri, Kementerian/Lembaga, Pemda, Masyarakat terhadap kebijakan sereta inisiatif digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia."

"Mengomunikasikan inisiatif dan kebijakan digitalisasi SP pada tahun 2022 serta program digitalisasi K/L dan asosiasi/industri termasuk program pendukung Presidensi G 20 dengan salah satu tema yang diangkat yaitu digitalisasi."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: