Pusat Setujui Anggaran Pembenahan Mandeh, Jokowi: Lokasi ini Cocok untuk Wisata Keluarga

Minggu, 11 Oktober 2015, 19:24 WIB | Wisata | Nasional
Pusat Setujui Anggaran Pembenahan Mandeh, Jokowi: Lokasi ini Cocok untuk Wisata Keluarga
Presiden RI, Joko Widodo saat mencangkan kawasan Mandeh sebagai kawasan wisata terpadu, Sabtu (10/10/2015). (humas)

VALORAnews -- Presiden RI, Joko Widodo memastikan, alokasi anggaran untuk pengerasan akses jalan menuju Kawasan Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Pengerjaan pengerasan jalan itu, diminta untuk tidak lebih dari dua tahun, terhitung sejak dikerjakan, tahun anggaran 2016 mendatang.

"Saya sudah minta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mohammad Basuki Hadimuljono melakukan pengerasan jalan ke lokasi ini. Pengerjaannya jangan sampai lebih 2 tahun," ungkap Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke kawasan Mandeh, Sabtu (10/10/2015).

Selain itu, Pemkab Pesisir Selatan dan Pemprov Sumatera Barat diinstruksikan untuk bermusyawarah dengan masyarakat, dalam pengelolaan Kawasan Wisata Bahari Mandeh (KWBT) itu. "Saya ingin pak bupati dan gubernur, bertanya dulu ke masyarakat. Musyawarah dulu. Kalau saya. Saya ndak maksa lho ya," tutur Presiden Jokowi.

"Saya hanya berfikiran, kawasan ini bisa dijadikan kawasan wisata keluarga yang berkaitan dengan bahari. Ada wisata selam ke laut juga wisata pulau. Kalau itu terwujud, pasti mendatangkan income berlipat-lipat bagi masyarakat," tambahnya.

Baca juga: Rekomendasi Camping Ground di Pesisir Selatan, Pemandangannya Indah Cocok Berkemah, Cuma Rp150 Ribu per Malam

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Menteri PU RI, Menteri Kesehatan RI, Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek dan istri, tokoh nasional Andrianof Chaniago, Pj Bupati Pessel, Walikota Padang, Tokoh Masyarakat Pessel serta beberapa pejabat kementerian serta kepala SKPD terkait.

Ketika melihat langsung gugusan pulau kecil di Kawasan Mandeh melalui Puncak Nyalo, Presiden Joko Widodo mengaku kagum. "Kawasan Mandeh merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dapat dioptimalkan keberadaannya oleh masyarakat," ucapnya.

Objek wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Berjarak 56 kilometer dari Kota Padang. Untuk jalur darat menuju Mandeh, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah membuka jalan sepanjang 27 kilometer dari Padang.

Selain melalui jalan darat, Mandeh juga dapat dikunjungi melalui jalur laut, dari Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Bungus atau Pelabuhan Muaro di Kota Padang. (kyo)

Baca juga: KULINER KHAS MANDEH: Gulai Ambacang Ikan Karang, Nikmatnya Bikin Lidah Bergoyang

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: