Kader PKK Dilatih Teknik Pemilahan dan Pengolahan Sampah

Kamis, 08 Oktober 2015, 15:19 WIB | News | Kota Padang
Kader PKK Dilatih Teknik Pemilahan dan Pengolahan Sampah
Kepala Bapedalda Padang Edi Hasymi, saat jadi narasumber pada sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah skala rumah tangga sebagai upaya dalam mengurangi tumpukan sampah di tempat pembuangan sementara. Pesertanya, kader TP-PKK Padang, bertempat di palan

VALORAnews - Bapedalda Padang, melakukan sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah skala rumah tangga sebagai upaya dalam mengurangi tumpukan sampah di tempat pembuangan sementara. Pesertanya, kader TP-PKK Padang, bertempat di palanta rumah dinas walikota, Rabu (7/10/2015).

"Sosialisasi ini bertujuan, agar kader PKK baik yang ada di tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan, mampu menyosialisasikan cara pemilahan dan pengolahan sampah skala rumah tangga, bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya," ungkap Kepala Bapedalda Padang Edi Hasymi yang jadi narasumber di kegiatan itu. Juga hadir pemerhati lingkungan asal Belanda, Mr Hans Kruit.

Dijelaskan, sosialisasi ini diharapkan mampu membuat masyarakat mampu memilah sampah rumah tangga, jadi empat kategori. Seperti, sampah kertas kardus dimasukkan ke karung satu, sampah plastik atau kaleng masuk karung dua, sampah dapur dan halaman masuk komposter dan sisanya dimasukkan ke kantong asoy untuk dibuang ke TPS.

Jika pemilahan sampah ini dilakukan masyarakat dari setiap sampah rumah tangga, terangnya, ini akan mengurangi tumpukan sampah di Padang. "Dari sekitar 90 ton produiksi harian sampah di Kota Padang, 60 persennya bersumber dari sampah rumah tangga," ungkapnya.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Dengan adanya pengelolaan sampah rumah tangga, mulai dari rumah dan di bank sampah, berarti hanya sekitar 20 timbunan sampah rumah tangga yang dibuang ke TPS. "Ini tentu akan mengurangi jumlah sampah dan tumpukan sampah di Kota Padang," jelasnya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: