100 Relawan GMNI Sumbar Bergerak Salurkan Langsung Bantuan ke Korban Gempa

Selasa, 01 Maret 2022, 20:59 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
100 Relawan GMNI Sumbar Bergerak Salurkan Langsung Bantuan ke Korban Gempa
Ketua DPD PA GMNI Sumbar, Yogi Yolanda mewakil pengurus pusat, menyerahkan bantuan bagi korban gempa pada Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi di kantor bupati, Senin malam. Usai serah terima, bantuan itu langsung dibagikan ke korban oleh 100 relawan GMNI.

PASAMAN BARAT (28/2/2022) - Ketua Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI), Prof Arief Hidayat menyampaikan ikut berduka atas musibah gempa dengan magnitudo 6,1 SR yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat.

"DPP PA GMNI bersama DPD PA GMNI Sumbar, berkomitmen turut serta membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman yang terkena dampak parah dari bencana gempa ini," ungkap Prof Arie Hidayat yang juga hakim Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Sejak kejadian gempa pada Jumat pagi, PA GMNI langsung menginisiasi penggalangan bantuan untuk korban gempa. Alhamudillah, terkumpul 5 ton Beras Solok, 1 ton gula pasir, 3000 kaleng susu, 1000 kotak teh, 1.000 kotak masker, 1.000 botol madu, 1.000 botol hand sanitizer serta 1.000 kotak vitamin. Bantuan ini kemudian dibawa langsung ke lokasi gempa dengan sebuah truk.

"Alhamdulillah, kerja kemanusiaan yang diinisiasi DPD PA GMNI Sumbar yang langsung disambut baik oleh berbagai pihak khususnya DPP PA GMNI, berhasil mengumpulkan bantuan dari berbagai pihak," ungkap Ketua PA GMNI Sumbar, Yogi Yolanda.

Baca juga: Sekjen PDIP Lantik Yogi Yolanda jadi Kepala Bapilu PDIP Sumbar, Pengurusnya Diisi Anak Muda

"Di bawah kepemimpinan Prof Arief Hidayat, DPP PA GMNI langsung berkoordinasi dengan kita, GMNI Sumatera Barat, terkait situasi dan kondisi pascaterjadinya gempa tersebut," ujar Yogi yang sekaligus perwakilan DPP PA GMNI dalam mengantarkan bantuan ini, sesaat sampai di kabupaten Pasaman Barat. Penyaluran langsung dipimpin Ketua GMNI Sumbar yang seorang perempuan.

Bantuan DPP PA GMNI ini, ungkap Yogi, selanjutnya akan dibagikan langsung pada masyarakat bersama 100 relawan GMNI yang sudah bersiaga di lokasi bencana. Tak terkecuali hingga menjangkau ke Kabupaten Pasaman yang terdampak sama parahnya akibat guncangan gempa magnitudo 6,1 tersebut.

"Mewakili masyarakat Pasaman Barat, disaksikan juga oleh wakil bupati, saya sampaikan terimakasih kepada DPP PA GMNI, yang pada hari ini, pada malam ini, telah menurunkan bantuan kepada kita masyarakat Kabupaten Pasaman Barat untuk yang kedua kalinya. Insya Allah, ini tentu akan sangat berarti bagi masyarakat," ujar Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat menerima bantuan dari DPP PA GMNI.

Baca juga: Yogi Yolanda Terpilih Aklamasi Pimpin PA GMNI Sumbar 2022-2027

DPD PA GMNI Sumatera Barat bersama anggota dan seluruh kader GMNI se-Sumatera Barat, sebelumnya telah mendirikan posko penampungan dan dapur sosial korban gempa, terhitung sejak hari pertama bencana gempa terjadi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: