Nagari Manggopoh Miliki Gedung Perpustakaan, Dibangun Pakai Dana Desa

Kamis, 24 Februari 2022, 17:41 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Nagari Manggopoh Miliki Gedung Perpustakaan, Dibangun Pakai Dana Desa
Bupati Agam, Indra Catri meninjau gedung baru Perpustakaan Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (23/2/2022) - Perpustakaan Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, miliki gedung baru setelah sekian lama menumpang ke bangunan milik masyarakat.

Sekretaris Nagari Manggopoh, Sri Martini menyebutkan, perpustakaan ini berdiri 2018, sekitar 2 tahun lebih menempati bangunan yang merupakan partisipasi dari masyarakat.

"Kini telah miliki gedung sendiri tepatnya samping kantor nagari, yang dibangun tahun kemarin melalui dana desa sebesar Rp157 juta. Gedung ini baru dimanfaatkan Senin kemarin," sebut Sri Martini, Rabu.

Perpustakaan itu merupakan salah satu perpustakaan desa terbaik tingkat nasional 2021, dalam program Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Baca juga: Gafnel Dt Basa Pimpin FKDT Agam, Ini Pesan Bupati

Perpustakaan ini memiliki berbagai buku bacaan dengan koleksi 2.200 eksemplar dari 1.100 judul. Untuk menambah koleksi, nagari bakal buka wakaf buku yang nanti bekerjasama dengan pemuda.

"Kita berupaya jelang Ramadhan atau abis lebaran buka wakaf buku ini. Kita berharap, bagi masyarakat yang punya buku dan tidak dipakai agar bisa mewakafkannya ke perpustakaan," ujarnya.

Apalagi tingkat kunjungan sudah mulai tinggi di perpustakaan itu, sehingga perlu koleksi buku yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

"Perpustakaan ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh berkunjung. Bahkan kita sudah sepakat dengan pengelola TK dan PAUD, satu kali dalam sepekan digilir untuk mengajak anak didiknya berkunjung ke perpustakaan," katanya.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

Bahkan perpustakaan juga beri reward bagi anak TK dan PAUD yang terbaik, dalam mengikuti program ajaran di lembaga pendidikan sebagai motivasi agar lebih giat belajar.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024