PHRI jadikan Sumatera Barat Pilot Project Pemulihan dan Kebangkitan Pariwisata

Kamis, 10 Februari 2022, 14:18 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
PHRI jadikan Sumatera Barat Pilot Project Pemulihan dan Kebangkitan Pariwisata
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat menghadiri Rakernas kedua PHRI di Padang, Rabu. (humas)

"Sumatera Barat ini juara, dalam penciptaan pariwisata berbasis komunitas, yang kemarin juga berhasil memenangkan Anugerah Desa Wisata. Tentunya, ini membuka peluang ekonomi bagi UMKM lokal," puji Sandi.

Sejalan dengan yang disampaikan Menparekraf itu, Audy Joinaldy juga menyebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sadar betul dengan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif ini. Menurutnya, sektor ini sangat penting dan wajib untuk dikelola dengan baik.

Terlebih, Provinsi Sumatera Barat memiliki keanekaragaman budaya, peninggalan sejarah, serta kekayaan alam yang layak diacungi jempol.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

"Berangkat dari hal tersebut, Pemprov Sumbar terus melakukan peningkatan dan pembaharuan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga bisa mewujudkan Sumatera Barat sebagai salah satu tujuan wisata yang terkenal dan juga berkelas dunia," ungkap Audy.

Oleh karena itu, menurut Audy, koordinasi dan kolaborasi antara pelaku industri pariwisata dengan pemerintah agar tercipta pembangunan pariwisata yang terencana, sistematis serta mampu mengangkat dan mengenalkan Sumatera Barat kepada wisatawan nasional dan internasional.

Hal senada juga dikatakan Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani. Menurutnya, membangkitkan pariwisata dan menciptakan pasar-pasar baru, hanya bisa dicapai apabila semua pihak berkolaborasi dengan baik.

"Hari ini, kami merumuskan program-program yang terkait dengan kolaborasi tersebut dengan semua pihak, baik pemerintah, BUMN, maupun sesama asosiasi untuk mewujudkan pemulihan pariwisata itu," ujarnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: