Bendum HMI Cabang Padang 2011-2012 Raih Gelar Doktor Pertanian

Selasa, 08 Februari 2022, 22:44 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bendum HMI Cabang Padang 2011-2012 Raih Gelar Doktor Pertanian
Dedet Deperiky bersama orang tua serta istri dan anak, foto bersama usai sidang terbuka untuk meraih gelar doktor bidang pertanian dari Universitas Andalas, Selasa. Dedet berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul, "Kolaborasi Supply Chain Agroind
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (8/2/2022) - Bendahara Umum (Bendum) HMI Cabang Padang periode 2011-2012, Dedet Deperiky berhak menyandang gelar doktor bidang pertanian dari Universitas Andalas setelah berhasil mempertahankan disertasinya, "Kolaborasi Supply Chain Agroindustri Bawang Merah di Kabupaten Solok," dalam sidang terbuka, Selasa. Dedet dinyatakan lulus dengan pujian.

Ujian sidang doktoral Dedet dilangsungkan di Balai Sidang Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Selasa pagi. Disertasinya dipromotori Prof Santosa dengan dua orang co-promotor, Prof Rika Ampuh Hadiguna dan Dr Nofialdi.

"Rekonstruksi dalam kolaborasi supply chain agroindustri bawang merah, ditujukan untuk memperbaiki hubungan jangka panjang. Dimana, pelaku secara umum melakukan hubungan kerja, berbagi informasi dan bersama-sama dalam melakukan perencanaan bahkan memodifikasi praktik bisnis mereka untuk meningkatkan kinerja bersama," ungkap Dedet dalam sidang promosi doktor tersebut.

Dikatakan, penelitian disertasai ini berangkat dari temuan bahwa aspek-aspek kearifan lokal, sangat bisa dijadikan pertimbangan kolaborasi supply chain agroindustri bawang merah. Dilihat dari beberapa temuan di lapangan telah tercipta semangat kebersamaan dan egaliter dalam kolaborasi supply chain agroindustri bawang merah.

Baca juga: Pemko Padang Apresiasi Latihan Khusus Kohati

"Dalam rekonstruksi kolaborasi supply chain agroindustri bawang merah, variabel komoditas unggulan bawang merah, kelembagaan nagari, sistem kerjasama petani di nagari, sistem kekerabatan dalam kolaborasi dan sistem pengambilan keputusan berada, sudah berada pada kategori sangat sesuai," ungkap Dedet seputar temuan yang dihasilkannya.

Sidang terbuka doktoral ini menghadirkan enam penguji dari internal Universitas Andalas yakni Dr Indra Dwipa yang juga Dekan Faperta Unand, Prof Irgan Suliansyah, Dr Azrifirwan, Dr Andasuryani dan Dr Gunarif Taib. Juga ada penguji dari eksternal Unand yakni dari Universitas Brawijaya, Dr Retno Astuti.

Tentang Dedet

Dedet Lahir di Payakumbuh pada 30 Agustus 1987. Dia merupakan putra sulung dari empat bersaudara, buah hati dari H Isneldi dan Hj Fellny. Tiga saudaranya yang lain yaitu Bony Satria, Yogi Triski dan Ridho Hidayatullah. Suami dari Dina Mona Lisa ini telah dikaruniai seorang anak perempuan, Lovia Currie Shafarazh (6).

Dalam dunia pendidikan, Dedet menamatkan pendidikan pra-sekolah hingga SMA di Kota Payakumbuh. Kemudian, melanjutkan kuliah Strata-1 di Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada tahun 2006-2010.

Setelah itu, Dedet melanjutkan pendidikan Strata-2 di Program Studi Ekonomi Pertanian Universitas Andalas dan tamat pada tahun 2014 dengan thesis berjudul "Analisis Manajemen Rantai Pasok Buah Manggis di Kabupaten Lima Puluh Kota."

Halaman:

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: