Riza Falepi Paparkan Kesesuian Perencanan Pembangunan Kota dengan Provinsi dan Pusat

Senin, 07 Februari 2022, 17:49 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Riza Falepi Paparkan Kesesuian Perencanan Pembangunan Kota dengan Provinsi dan Pusat
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. (humas)

PAYAKUMBUH (5/2/2022) - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memaparkan kesesuaian perencanaan pembangunan kota dengan visi misinya sebagai kepala daerah untuk periode 2017-2022 serta keserasian dengan program provinsi dan pusat.

"Di awal, acuan umum yang jadi pragmatis, bagaimana belanja langsung dan tak langsung dioptimalkan," ungkap Riza Falepi saat presentasi dihadapan Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Sabtu.

Kedatangan tim penilai yang dipimpin Kepala Bapedda Sumatera Barat, Medi Iswandi dengan anggota Deti Kuartini Putri dan lainnya itu, untuk melihat real data dukung yang telah disampaikan Pemko Payakumbuh, saat penilaian tahap 1 lalu.

Setelah penilaian tahap I, Kota Payakumbuh dinyatakan lolos 3 besar tingkat Provinsi Sumatera Barat. Penilaian ini, mencari juara 1 untuk kemudian mengikuti perlombaan serupa secara nasional.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Dikatakan Riza, dengan mengoptimalkan persentase anggaran belanja, Pemko Payakumbuh akan membangun kawasan ekonomi baru, guna meningkatkan peluang bagi pelaku UMKM. Ditambah adanya potensi geo strategis Kota Payakumbuh, di tengah-tengah perlintasan Riau-Sumbar.

"Kota ini tak punya objek wisata alam yang bagus seperti daerah sekitar. Yang membuat kota ini digemari untuk dikunjungi adalah kulinernya yang beragam. Makanya, upaya mendatangkan orang ke kota ini yang kita lakukan. Upaya itu terdiri dari penataan kota dengan adanya pedestrian area, Pujasera, dan lainnya," ungkap Riza.

Dalam penilaian tersebut, hadir Ketua DPRD Payakumbuh, Hamdi Agus, Rida Ananda (Sekretaris Daerah), para asisten, Staf Ahli, kepala OPD dan stakeholder terkait.

Sementara, Rida Ananda menyampaikan, penilaian ini akan mendorong pemko untuk menyusun dokumen perencanaan yang komprehensif, terukur dan sistematis. Kemudian, mendorong sinkronisasi program dengan pemerintah provinsi dan pusat.

Baca juga: Pelatihan bagi WRSE Angkatan V, Supardi: Gali Ilmu agar Semangat Berusaha Terpelihara

Selanjutnya, mendorong OPD melaksanakan kerja efektif dan efisien serta pemerintah berinovasi dalam melaksanakan perencanaan pembangunan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: