Pemkab Agam Anggarkan Pembelian 196 Unit Alsintan di Tahun Ini

Rabu, 02 Februari 2022, 20:59 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemkab Agam Anggarkan Pembelian 196 Unit Alsintan di Tahun Ini
Kabid Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluh Dinas Pertanian, Armelia. (humas)

AGAM (2/2/2022) - Pemkab Agam alokasikan anggaran sebesar Rp2,4 miliar lebih, untuk pengadaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pada tahuna anggaran 2022 ini. Program ini dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertanian.

"Anggaran itu bersumber dari DAU dan DAK, dengan jumlah Alsintan yang dianggarkan sebanyak 196 unit dari 13 jenis," ungkap Kabid Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluh Dinas Pertanian, Armelia, Rabu.

Dikatakan Armelia, dari DAU dialokasikan pengadaan 194 unit Alsintan yang merupakan pokir anggota DPRD Agam dan DAK 2 unit. "Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, sebanyak 23 unit," ujarnya.

Dijelaskan, jenis Alsintan yang akan disediakan itu seperti kultivator, mesin perontok padi, mesin potong rumput, hand sprayer elektrik, mesin perontok jagung, gergaji kayu, traktor roda 2 rotari, traktor roda 2 biasa, excavator mini, kincir air, gerobak, color sorter dan UV Dryer.

Baca juga: 21 Kelompok Tani Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan dari Arkadius

"Penerima bantuan Alsintan ini, yang tergabung dalam kelompok tani aktif serta terdaftar di Sistem Informasi Penyuluh Pertanian (Simluhtan). Sebelumnya, kelompok juga harus mengajukan proposal ke Dinas Pertanian," sebutnya.

Bantuan diberikan, katanya, wujud komitmen Pemkab Agam dalam menunjang peningkatan produksi pertanian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedepan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu mengakui, di 2021 produksi padi sedikit menurun akibat serangan hama dan adanya alih fungsi lahan ke komiditi lain. Tapi, secara produktivitas menunjukan peningkatan.

"Meski produksi padi sedikit menurun, namun kita di Agam masih bisa mencapai surplus beras sebanyak 163.889 ton di 2021," terangnya.

Baca juga: Dukung Kemandirian Pangan, Nevi Zuairina Serahkan Alsintan untuk Keltan Ulakan

Dikatakannya, surplus bisa dicapai, salah satunya dengan pemberian bantuan Alsintan dan penyediaan pupuk bersubsidi bagi petani.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: