Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Tua Padang Mulai Dicat Ulang

Senin, 24 Januari 2022, 16:49 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Tua Padang Mulai Dicat Ulang
Wako Padang, Hendri Septa bersama Alam Gunawan (Tuako perkumpulan Marga The di Padang," dan jajaran, lakukan pengecatan ulang bangunan cagar budaya di sekitar Klenteng di Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat. (humas)

PADANG (23/1/2022) -- Sejumlah bangunan cagar budaya di Kawasan Kota Tua Padang, diperbaharui catnya, Ahad pagi. Kawasan kota tua ini berada di lahan seluas 32.690 meter persegi di wilayah Kecamatan Padang Barat.

Titik lokasi pengecatan mulai dari Jembatan Siti Nurbaya, Muaro serta gedung tua di sekitarnya. Pengecatan ini, tidak akan mengubah bentuk maupun keaslian gedung. Karena, rona klasik sejumlah bangunan tua dengan arsitektur zaman Belanda itu, akan muncul kembali setelah dicat ulang.

"Pengecatan ulang ini, didukung PT Dulux Indonesia sebagai donatur penyedia bahan cat melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya. Kita bahu-membahu melakukan pengecatan bagi semua bangunan lama yang ada di kawasan ini," ungkap Hendri.

Dikatakan Hendri, pengecatan di kawasan heritage ini dilakukan secara kerelawanan oleh OPD terkait di Pemko Padang serta para relawan dan stakeholder lainnya. Dia berharap, dengan mempercantik kawasan ini, akan jadi magnet wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

"Dengan banyak kunjungan wisatawan ke Padang, tentu memberikan multi efek bagi kita terutama di sektor perdagangan dan perekonomian masyarakat," ungkap Hendri dalam kegiatan pengecatan bangunan Kota Tua yang berada di Klenteng dan Pasar Tanah Kongsi, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat.

Sejatinya, kata Hendri, tujuan utama dilakukannya pengecatan di kawasan Kota Tua ini, agar kawasan itu terlihat indah dan menarik. Nantinya, setiap pengunjung akan merasakan kembali suasana kota tua tempo dulu di sini.

"Dengan konsep ini, pengunjung akan merasakan kembali ke masa lalu. Karena kita tahu, destinasi wisata yang disukai wisatawan saat ini adalah destinasi seperti itu," tukas Hendri.

Hendri menyebut, upaya mempercantik kawasan Kota Tua ini, demi menjadikan kawasan tersebut ikon wisata baru di Kota Padang yang lebih menjanjikan.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Selain pengecatan bangunan lama, kita juga akan berupaya menyajikan lampu-lampu hias di kawasaan kota tua ini. Sehingga, menghadirkan suasana keindahan di malam hari. Apalagi kuliner di sini juga enak-enak," ungkap dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: