Hamsuardi Terima Audiensi BPJS Kesehatan: 92.254 Warga Pasbar Belum Masuk Cakupan Kesehatan Semesta

Kamis, 20 Januari 2022, 19:37 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Hamsuardi Terima Audiensi BPJS Kesehatan: 92.254 Warga Pasbar Belum Masuk Cakupan...
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi didampingi Hendra Putra (Sekda) saat menerima audiensi BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Rabu. UHC jadi topik utama dalam pertemuan itu. (robi irwan)

PASBAR (19/1/2022) - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi berkeinginan, daerah yang dipimpinnya itu memenuhi cakupan kesehatan semesta atau UHC (Universal Health Coverage). Cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

"Harapan dan keinginan terbesar kita adalah bagaimana mendapatkan UHC. Masyarakat yang mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan itu berkualitas, tanpa kesulitan keuangan seperti kondisi yang kerap terjadi saat ini," ungkap Hamsuardi saat menerima audiensi BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, di ruang balkon kantor bupati Pasbar, Rabu.

Ia menambahkan, topik ini sudah sangat sering dibahas. Dari data untuk UHC, 92.000 penduduk membutuhkan dana sebesar Rp39 miliar. "Kondisi keuangan kita dan kebutuhan lainnya tahun ini, masih sulit untuk kita atasi terutama di masa pandemi seperti ini," katanya.

Namun, berbagai usaha akan dilakukan. Dengan adanya audiensi ini, bisa jadi masukan dan gambaran bagaimana jaminan kesehatan betul-betul terlaksana di Pasbar. Karena, meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, juga merupakan visi misi bupati Pasbar.

Baca juga: Kepersertaan Aktif JKN di Pasbar Capai 97,24 Persen

"Berbagai upaya dilakukan Pemda, bagaimana caranya masyarakat kita terlayani dibidang kesehatan. Solusi seperti berobat gratis dan solusi lainnya melalui dana CSR Perusahaan, Baznas dan Dinsos, akan terus kita carikan. Koordinasi tetap kita jalin bagaimana Pasbar sampai pada UHC," pungkas Hamsuardi.

Hal serupa disampaikan Asisten III, Raf'an. Menurutnya, Pasbar sangat menginginkan UHC untuk masyarakatnya. Namun dengan keterbatasan kemampuan keuangan atau anggaran yang ada, upaya ke arah itu diupayakan secara perlahan.

Pembaharuan Data

Sementara itu, Kapala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, Henny Nursanti menginformasikan, Kementerian Sosial telah memperbaharui data kepesertaan seperti penonaktifan, penambahan serta adanya validasi.

Baca juga: Pekanbaru Alokasikan Rp92 Miliar untuk Program UHC, Dana Telah Dititip ke BPJS

"Penduduk Pasbar sebanyak 436,298 jiwa. UHC sudah melingkupi 344.044 orang warga. Masih ada sebanyak 92.254 jiwa penduduk lagi yang belum UHC. Sisa penduduk, turut memperhitungkan data kepesertaan mutasi, data kepesertaan nonaktif dan data kepesertaan aktif," ungkap Henny.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: