Peringatan HBN ke-73, Hendri: Semoga jadi Pembangkit Nilai Nasionalisme

Senin, 13 Desember 2021, 18:26 WIB | Olahraga | Kota Padang
Peringatan HBN ke-73, Hendri: Semoga jadi Pembangkit Nilai Nasionalisme
Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Hendri Septa mendampingi Ketua Legiun Veteran RI, Kolonel (Purn) Amir Syarifuddin mengibarkan bendara start Tour de PDRI, di depan Gedung Joang '45 Sumbar, Jalan Samudera, Senin pagi. (humas)

"Untuk iven ini, kita menyiapkan rute yang menarik dengan 6 etape. Dimana, setiap etape akan melewati DTW utama Sumbar dan tempat-tempat bersejarah peristiwa PDRI di Sumbar," katanya.

Disebutkan Mahyeldi, untuk etape I dilaksanakan di Kota Padang sekaligus pembukaan kegiatan secara resmi pada Senin 13 Desember 2021. Selanjutnya, etape II pada 14 Desember di Padang Aro-Bidar Alam Kabupaten Solok Selatan, lalu etape III pada 15 Desember di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

"Setelah itu, untuk etape IV pada 16 Desember yaitu di Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, etape V pada 17 Desember di Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar-Monumen Avron Anson Kabupaten Agam dan terakhir etape VI pada 18 Desember di Limbanang-Museum PDRI Kabupaten Limapuluh Kota," urainya.

Baca juga: Program Semata Masuki Tahun Keempat, Hendri Septa; Anggaran Bedah Rumah Naik jadi Rp40 Juta

Lebih lanjut, sambung dia, PDRI menjadi sejarah nasional penting yang ada di Indonesia, peranan PDRI yang dimandatkan pada Syafruddin Prawiranegara cukup penting. "Bila saat itu PDRI tidak ada, sementara ibu kota telah jatuh ke tangan penjajah, belum tentu negara yang berdaulat saat ini ada," terang Mahyeldi.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Bela Negara Sumbar itu juga menjelaskan, meski PDRI hanya berlangsung selama 207 hari, namun keberadaan PDRI saat itu menjadi simbol bahwa negara Indonesia yang sudah memproklamirkan kemerdekaan 17 Agustus 1945 itu tetap berdiri.

"Khusus di Sumbar, momen sejarah PDRI menjadi momentum untuk mengenang sejarah PDRI dan mengangkat nilai sejarah perjuangan menyelamatkan NKRI dan demi menularkan semangat kebangsaan bagi kita semua."

"Begitu juga motivasi untuk melaksanakan program pemerintah seperti di sektor pariwisata dan ekonomi," beber Mahyeldi sembari mengapresiasi panitia penyelenggara dan mengucapkan selamat bagi peserta Tour de PDRI. (vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: