Sedimen di Selokan Bekas Kebakaran Pasar Bawah Dikeruk

Kamis, 16 September 2021, 20:44 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Sedimen di Selokan Bekas Kebakaran Pasar Bawah Dikeruk
Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi bersama pimpinan SKPD dan masyarakat, bergotong-royong membersihkan selokan di Pasar Bawah, Kamis pagi hingga sore. (hamriadi)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (16/9/2021) - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi bersihkan gorong-gorong di bekas kebakaran Pasar Bawah, Kamis pagi. Pengerukan ini dilakukan secara gotong royong (Goro) oleh ASN dan masyarakat.

"Sebanyak 70 orang ASN bersama Kepala SKPD, turut Goro bersama masyarakat membersihkan selokan air di area Pasar Bawah," ungkap Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi pada wartawan usai Goro.

Menurut dia, gorong-gorong di area pasar itu, memang sudah lama sekali tidak dibersihkan. Sehingga, lanjutnya, tumpukan berbagai sampah di dalam saluran itu, menyumbat aliran air.

"Sedimen inilah yang menyebabkan Pasar Bawah selalu becek dan basah, meski hujan atau tidak," ucapnya.

Baca juga: 6 Kader Loncat Pagar di Pilkada Serentak 2024 se-Sumatera Barat, Ini Kata Direktur Riset FAST Consultant

Nantinya, lanjut Marfendi, setelah gorong-gorong bersih, tentunya air akan mengalir lancar menuju titik pembuangan.

"Jika gorong-gorong bersih alias terbebas dari sedimen yang menumpuk di dalam selokan, otomatis air tidak akan menggenang lagi. Area pasar akan cepat kering, walaupun hujan turun," jelasnya.

Dia mengimbau, setelah gorong-gorong itu difungsikan sebagaimana mestinya, pedagang harus disiplin dan tidak lagi membuang sampah sembarangan. Apalagi, membuang sampah ke dalam selokan air.

Goro hingga sore ini untuk membersihkan gorong-gorong area Pasar Bawah yang terbakar Sabtu dinihari pekan lalu itu, dibuka Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar. (ham)

Baca juga: Wawako Bukittinggi Pimpin Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke-79

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: