Pasaman Barat Sudah Surplus Beras

Rabu, 15 September 2021, 22:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pasaman Barat Sudah Surplus Beras
Sekretaris DTPHP Pasbar, Dody San Ismail mengujicoba rice transplenter bantuan Kementerian Pertanian saat menghadiri acara turun ke sawah sekaligus syukuran bagi petani di Nagari Persiapan Bunuik, Kecamatan Kinali, Rabu. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (15/9/2021) - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Pasaman Barat, berkomitmen untuk meningkatkan produksi padi guna meningkatkan kesejahteraan petani.

"Insya Allah, sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati, kita akan berjuang untuk petani sampai ke Kementrian, jika tidak tertampung pada APBD, maka kita akan lobi pemerintah pusat. Alhamdulillah, saat ini kita sudah surplus beras," kata Sekretaris DTPHP Pasbar, Dody San Ismail saat menghadiri acara turun ke sawah sekaligus syukuran bagi petani di Nagari Persiapan Bunuik, Kecamatan Kinali, Rabu.

Acara turun ke sawah tersebut, dihadiri anggota DPRD Pasaman Barat, Dedi Lesmana, Ketua Gapoktan Albasiko I, Syamsuri beserta anggota, Forkopimca Kinali serta petani setempat.

Dody San Ismail menyebutkan, khusus untuk petani di Nagari Persiapan Bunuik, pihaknya telah menyalurkan berbagai bantuan seperti bantuan benih padi biofortifikasi kepada 5 kelompok tani dengan luasan 100 hektar dengan jenis benih padi IR- nutrizinc.

Baca juga: 21 Kelompok Tani Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan dari Arkadius

Kemudian, Pupuk, pestisida IP 400 untuk 2 kelompok tani dengan luasan 50 hektare jenis bantuan benih Inpari 13 dan dana pembelian Saprodi.

Selanjutnya, Alsintan combine hardvester mini 2 unit, yang bersumber dari dana APBN TP (03) Disbuntanhort Sumbar. Bantuan benih padi sawah Tahap I dana APBN TP (03) Disbuntanhort Provinsi sebanyak 2 kelompok dengan luasan 50 hektar.

Menurut Dody, dalam bidang sarana dan prasarana, pihaknya juga membantu RUJT I Poktan luasan 50 hektar dana bantuan TP Provinsi. Selanjutnya, bantuan Alsintan 1 unit rice transplenter dari Kementerian Pertanian.

"Penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2021 yang sudah tersalur adalah, urea 1.313.350 kg, NPK Ponska 1.470.700 kg, SP 36 314.650 kg, ZA 213.550 kg, petroganik 133.340 kg dengan jumlah kelompok tani yang menerima pupuk subsidi sebanyak 159 Poktan," terangnya.

Baca juga: Dukung Kemandirian Pangan, Nevi Zuairina Serahkan Alsintan untuk Keltan Ulakan

Selanjutnya, kata Dody, kegiatan IPDMIP dana hibah dari ADB melalui Kementerian Pertanian jenis bantuan sekolah lapangan 12 kali pertemuan dan 1 unit labor lapangan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: