RPJMD 2021-2026 Disetujui, Visinya Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan ABS-SBK

Rabu, 04 Agustus 2021, 12:12 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
RPJMD 2021-2026 Disetujui, Visinya Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan ABS-SBK
Wako Bukittinggi, Erman Safar memberikan sambutan pada paripurna RPJMD Bukittinggi 2021-2026, Rabu pagi. (hamriadi)

BUKITTINGGI (4/8/2021) - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi kini memiliki Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 - 2026.

RPJMD lima tahunan untuk kota Bukittinggi itu, disampaikan Wali Kota (Wako) Erman Safar pada Rapat Paripurna DPRD tentang Nota Persetujuan Bersama atas Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD di ruang utama sidang DPRD, Rabu pagi.

Dihadapan 25 anggota DPRD, sambutan Wako yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bukittinggi itu dibacakan Wawako Bukittinggi, Marfendi itu, mengucapkan alhamdulillah, dimana hari ini telah menandatangani Persetujuan Bersama atas Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD 2021-2026.

Paripurna yang juga dihadiri sejumlah pimpinan OPD, unsur Forkopimda dan segenap ASN dilingkungan Pemko Bukittinggi, Marfendi mengatakan, RPJMD Bukittinggi 2021-2026 telah dimulai dari 2020, dengan menyusun rencana Teknokratik RPJMD dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD.

Baca juga: Tabungan Utsman 2024 Diluncurkan, Target 2200 Nasabah Tapi Ada Margin Ringannya

Untuk diketahui, KLHS RPJMD merupakan kajian yang memastikan bahwa pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar pembangunan. Artinya, pada prinsipnya KLHS adalah kajian terhadap indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam penyusunan RPJMD dimulai dengan penyusunan rancangan awal, yaitu merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD dengan berpedoman pada visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih.

Pada tahapan penyusunan rancangan awal RPJMD 2021-2026, telah dilaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) bersama pemangku kepentingan (stakeholder), guna menghimpun saran dan masukan dalam penyempurnaan rancangan awal RPJMD.

Tahapan selanjutnya dalam penyusunan RPJMD yakni, evaluasi Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). "Insya Allah, dalam beberapa hari kedepan akan langsung menyampaikan Ranperda RPJMD ke gubernur beserta kelengkapan persyaratan evaluasi," kata Marfendi.

Baca juga: Bukittinggi Siagakan Ambulance untuk Evakuasi Korban Bencana di Agam dan Tanah Datar

Untuk diketahui, visi yang dituangkan ke dalam RPJMD Bukittinggi 2021-2026 adalah "Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah."

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: