Kerap Kebanjiran, Hendri Septa Perintahkan Pengerukan Riol di Belakang TMP Lolong

Senin, 15 Maret 2021, 23:00 WIB | News | Kota Padang
Kerap Kebanjiran, Hendri Septa Perintahkan Pengerukan Riol di Belakang TMP Lolong
Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa meninjau kondisi pemukiman warga di belakang Taman Makam Pahlawan Lolong, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Senin siang (15/3/2021). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa meninjau kondisi pemukiman warga di belakang Taman Makam Pahlawan Lolong, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Senin siang (15/3/2021). Hal ini dilakukannya, usai menerima laporan dari masyarakat tentang kawasan yang kerap terendam, setiap kali hujan lebat mengguyur ibu kota provinsi Sumbar ini.

"Peninjauan ini adalah jawaban yang kita janjikan ke warga di sini. Kita lihat, memang perlu segera dilakukan pembenahan untuk riol (saluran air) di sini. Sekarang, kondisinya memang cukup memprihatinkan," ungkap Hendri disela peninjauan lapangan.

Dijelaskan, tersumbatnya saluran air di kawasan itu dikarenakan beberapa hal. Penyebab utamanya, riolnya kecil dan tertimbun rerumputan liar sehingga aliran airnya menjadi tidak lancar. "Kondisi seperti inilah yang membuat pemukiman warga di dua RT yakni RT 003 dan RT 004 pada RW 002 ini sering digenangi air," jelas Hendri.

Hendri langsung meminta Dinas PUPR Padang, membuatkan landasan awal bagi riol agar dalam dua atau tiga hari ke depan. Hendri meminta, untuk kedalamannya mencapai 1 meter dengan panjang lebih kurang 150 meter.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Semoga dapat mengurangi bahkan mengatasi banjir yang kerap melanda daerah ini. Dalam upaya ini, kita tentu juga tetap memperhatikan batas antara kota dengan jalur hijau. Maka itu, kita akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi," ungkap Hendri.

Diketahui, kawasan tersebut sejak puluhan tahun belakangan memang jadi langganan banjir. Ketika hujan lebih dari dua jam, ketinggian genangan air bisa mencapai 60 centimeter (selutut orang dewasa-red). "Skarang, kita upayakan dulu membuat jalur airnya, sehingga air menjadi lancar. Insyaa Allah untuk jangka panjang, kita akan buatkan riol permanen sesuai harapan bersama," pungkas Hendri.

Dalam peninjuan tersebut, terlihat hadir Camat Padang Utara, Fajar Sukma, Lurah Lolong Belanti, Rini Anggraini serta unsur Dinas PUPR Padang dan elemen masyarakat setempat. (rls)

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: