16 BP Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020: Golkar Sumbar jadi BP Partai Politik Menuju Informatif

Rabu, 25 November 2020, 22:57 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
16 BP Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020: Golkar Sumbar jadi BP Partai...
Ketua Partai Golkar Sumatera Barat, H Khairunas usai menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, di Padang, Selasa (25/11/2020). (istimewa)

Menurut Irwan, hal itu tak terlepas dari semakin baik dan transparannya dalam pengelolaan keuangan negara. "Ada beberapa badan publik, yang tiap tahun penyelenggaraan, selalu dapat anugerah sebagai badan publik informatif," ungkap Irwan dalam acara yang bertajuk Masyarakat Cerdas, Badan Publik Informatif Walau di Masa Pandemi itu.

Pada penilaian serupa di tingkat nasional, ungkap Irwan, dua BP Sumatera Barat juga meraih Predikat Informatif yakni Pemprov Sumbar dan Universitas Negeri Padang.

"Kita minta semua BP, terbukalah terhadap semua informasi karena keterbukaan informasi sebagai wujud transparansi kita dalam mengelola keuangan negara," ucap Irwan.

Baca juga: Bacaleg Partai Golkar Diterima KPU Pasaman Barat, Dirwansyah Siap Incar Kursi Pimpinan Dewan

Ketua Panitia Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020, Tanti Endang Lestari menyampaikan, pada penyelenggaraan di tahun 2020 ini, terdapat 377 BP yang mengembalikan kuesioner yang kemudian dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi dalam rangka penilaian menuju badan publik informatif. Lalu, dilanjutkan dengan dengan presentasi keterbukaan informasi publik di badan publik masing-masing oleh PPID utamanya.

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska didampingi Adrian Tuswandi (Wakil Ketua) dan Arif Yumardi (komisioner KI), penilaian keterbukaan informasi publik ini dilakukan setiap tahun. Penilaian ini merupakan amanah UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang kemudian dijabarkan dalam Peraturan Komisi Informasi (Perki) No 1 Tahun 2010.

Sementara, sembilan tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2020 yang menerima Achievment Motivation Person Award yaitu Andani Eka Putra (Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas), Andre Rosiade dan Nevi Zuairina (Anggota DPR RI dari Sumatera Barat).

Selanjutnya, Prof Ganefri (Rektor UNP), Surfa Yondri (Direktur Politeknik Negeri Padang), Yuen Karnova (Sekko Bukittinggi), Erizon (Sekkab Pessel), Supardi (Ketua DPRD Sumbar) dan Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota). (vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: