Tim Siaga Covid19 Kecamatan Nanggalo Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga

Jumat, 30 Oktober 2020, 17:27 WIB | News | Kota Padang
Tim Siaga Covid19 Kecamatan Nanggalo Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga
Lurah Surau Gadang, Zulkifli (baju kotak-kotak) bersama Ketua Dasawisma RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, Kenny Kurniasih beserta jajaran kelurahan lainnya, memfasilitasi penyemprotan pada sejumlah warga di Komplek Permata Surau Gadang, Kamis (29/10/2

VALORAnews - Tim Siaga Covid19 Kecamatan Nanggalo, melakukan penyemprotan disinfektan pada lima rumah warga di Komplek Permata Surau Gadang RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat yang terpapar severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau Virus Corona.

"Penyemprotan tak hanya di luar, melainkan keseluruh bagian rumah. Penyemprotan ini merupakan upaya membunuh virus corona," ungkap Ketua Dasawisma RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, Kenny Kurniasih, disela-sela penyemprotan, Jumat (20/10/2020) sore.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan seorang petugas dengan mengenakan baju hazmat warga putih. Dia tampak juga mengenakan face shield serta masker standar medis. Tangannya juga dibungkus dengan sarung tangan plastik. Sedangkan sepatunya, berupa boot yang terbuat dari karet.

Dia tampak cekatan melakukan tugasnya. Begitu sampai di lokasi, dia langsung melakukan penyemprotan di pagar serta gerbang masuk. Kemudian, menyemprot kendaraan yang parkir di garasi. Lalu berlanjut ke pintu masuk hingga seluruh bagian dalam ruangan rumah salah seorang warga yang terpapar Covid19 di Komplek Permata Surau Gadang.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Disaat penyemprotan dilakukan, rekannya yang lain, langsung mengabadikan setiap tahapan dengan gawai (telepon pintar) yang dibawa. Penyemprotan ini juga dikawal seorang personel TNI yang bertugas sebagai Babinsa di Kelurahan Surau Gadang. Bintara Pembina Desa atau Babinsa ada personel TNI yang melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan.

"Tim Siaga Covid19 kecamatan ini, hanya bertugas pada rumah warga yang terpapar. Tidak untuk masyarakat secara umum," ungkap Kenny menjelaskan pada sejumlah warga yang menyaksikan penyemprotan disinfektan.

Untuk penyemprotan ke rumah warga, ungkap Kenny, warga bisa meminta bantuan pada pihak kelurahan. Selain itu, juga bisa meminta tolong pada relawan kemanusian di Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Padang maupun yang ada di tingkat kecamatan.

Pada Oktobeer 2020 ini, sebanyak 5 Kepala Keluarga (KK) di Komplek Permata Surau Gadang terpapar Covid19. Belasan orang yang terpapar itu, seluruhnya menjalani perawatan dengan metode isolasi mandiri.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

"Alhamdulillah, sebagian di antaranya telah dinyatakan sembuh karena test swab mereka untuk yang kedua kalinya telah negatif," ungkap Kenny.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: