Belasan Warga Terpapar Covid19, RT 007 Kelurahan Surau Gadang Inisiasi Penyemprotan Disenfektan

Jumat, 30 Oktober 2020, 13:22 WIB | News | Kota Padang
Belasan Warga Terpapar Covid19, RT 007 Kelurahan Surau Gadang Inisiasi Penyemprotan...
Petugas penyemprotan disinfektan berpakaian hazmat lengkap, melakukan penyemprotan di rumah warga yang terpapar Covid19 di RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, kecamatan Nanggaloa, Padang, Sumatera Barat, Jumat (30/10/2020). (istimewa)

VALORAnews - Sepanjang Oktober 2020 ini, lima dari 76 kepala keluarga (KK) di Komplek Permata Surau Gadang RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat terpapar severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau Virus Corona.

"Ada belasan orang terpapar terhitung Oktober 2020 ini. Padahal, sejak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid19) melanda Indonesia pada medio Maret 2020 lalu, alhamdulillah warga kami tak ada yang ikut terpapar. Sekali terpapar pada Oktober ini, jumlahnya langsung belasan orang," ungkap Ketua RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, Husni Jamal, Jumat (30/10/2020).

Agar virus yang menyerang sistem pernapasan itu tak terus menyebar, Husni bersama Ketua Dasawisma RT 007 RW 001 Kelurahan Surau Gadang, Kenny Kurniasih, menggagas dilakukannya penyemprotan disinfektan.

"Ini langkah antisipatif agar Virus Corona tak makin menyebar di komplek kita. Alhamdulillah, ada kelompok relawan yang bersedia melakukan penyemprotan yang akan dilaksanakan Sabtu (31/10/2020) besok sekitar pukul 10.00 WIB," ungkap Husni.

Baca juga: Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Surau Gadang Bagikan 25 Paket Sembako

Terpisah, Kenny Kurniasih menyebutkan, relawan yang akan melakukan penyemprotan itu merupakan penggiat kemanusiaan di Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Padang.

"Mereka hanya minta disediakan jas hujan agar alat pelindung diri (APD) milik KSB yang jumlahnya terbatas, bisa dipakai dalam waktu lebih lama," ungkap Kenny.

Dikatakan Kenny, edukasi tentang Covid19 pada warga harus dilakukan secara terus menerus. Terlebih, tingkat pemahaman masyarakat terhadap virus ini juga sangat bervariasi. Hal ini tak lepas dari banyaknya informasi seputar Covid19 yang disebarluaskan melalui berbagai platform sosial media.

"Pada rumah tangga yang keluarganya ada terpapar Covid19, penyemprotan disinfektan ini sangat penting," ungkapnya.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Kelurahan Surau Gadang Tembus 92,29 Persen

Sedangkan untuk keluarga yang tidak ada terpapar, menurut Kenny, tindakan preventif dan antisipatif yang perlu terus disosialisasikan. Salah satunya, menyediakan fasilitas pencuci tangan jelang masuk rumah bagi tamu yang datang.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: