Gempabumi Tektonik 4.6 SR Mengguncang Pasaman Barat

Selasa, 29 September 2020, 10:24 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Gempabumi Tektonik 4.6 SR Mengguncang Pasaman Barat
Infografis BMKG Padangpanjang.

VALORAnews - Wilayah Pasaman Barat, Senin (28/9/2020) pukul 23.26 WIB diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG, gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4,6 SR.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.25 LU dan 99.53 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 17 Km Timur Laut Air Bangis, Pasaman Barat, Sumbar pada kedalaman 79 Km," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Padangpanjang, Irwan Slamet dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, urai dia, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas intraplate lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Pasaman Barat, Padangpariaman dan Pariaman II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ungkap Irwan.

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 23.54 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Masyarakat kita imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," terangnya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tambahnya. (kyo)

Baca juga: Waspada! BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca untuk Tanggal 12 dan 13 April 2024, Ini Daerahnya

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: