BI Sumbar jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Regional Sumatera 2020

Senin, 14 September 2020, 17:09 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
BI Sumbar jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Regional Sumatera 2020
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di kantor Perwakilan BI Sumbar, Senin (14/9/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Sumatera Barat, Wahyu Purnama A menilai, ekonomi dan keuangan syariah, diyakini mengandung nilai-nilai yang sangat mendukung keadilan dalam pembangunan sosio-ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan manusia.

Bank Indonesia sebagai salah satu penjaga pilar stabilitas ekonomi dan keuangan, terangnya, secara konsisten mendorong dan terus mengembangkan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia yang diharapkan akan berdampak positif bagi penguatan stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

"Pengembangan Ekonomi Syariah di Bank Indonesia difokuskan melalui 3 pilar yaitu pilar Penguatan Ekonomi Syariah, Penguatan Sektor Keuangan Syariah untuk Pembiayaan dan Penguatan Riset, Asesmen dan Edukasi," ungkap Wahyu dalam siaran pers yang diterima Senin (14/9/2020).

Sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan industri keuangan syariah, Bank Indonesia telah menginisiasi kegiatan International Syaria Economic Festival (ISEF) yang pelaksanaannya telah dibuka secara resmi melalui kegiatan Kick Off oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada 7 Agustus 2020 lalu.

Baca juga: BI Sumbar Optimistis, Tingkat Inflasi 2023 Menurun

"Kick Off tersebut diiringi dengan penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) sebagai rangkaian kegiatan Road to ISEF," ungkap dia.

Penyelenggaraan FESyar 2020 ini dilaksanakan satu kali pada masing-masing regional, dimulai dari wilayah Kawasan Timur Indonesia, Sumatera dan Jawa. Untuk FESyar regional Sumatera, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Iven ini dilaksanakan 14-20 September 2020 secara virtual dengan tema "Penguatan Konektivitas Ekonomi Syariah sebagai Pendorong Ekonomi Regional.

Rangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan FESyar Virtual Sumatera 2020 meliputi Shari'a Economic Forum dan Shari'a Economic Fair.

Sharia' Economic Forum merupakan platform berupa webinar yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi syariah, meningkatkan pendalaman pasar keuangan syariah/pemberdayaan Islamic Social Finance serta meningkatkan edukasi/kurikulum ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi jadi Faktor Pemicu Inflasi Beras di Sumatera Barat

Webinar yang edukatif ini melibatkan Kepala Departemen dan/atau Kepala Perwakilan Bank Indonesia se-Sumatera sebagai keynote speaker serta narasumber dan moderator dari tokoh-tokoh nasional, akademisi dan pelaku usaha yang ahli dibidangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: